Selasa, 17 Januari 2012

Sunan Turmudzi dan Tuhfatul Ahwadzi


Sunan At Tirmidzi merupakan salah satu kitab induk hadits dari beberapa kitab beberapa kitab hadits lainnya. Sunan adalah kitab hadits yang disusun berdasarkan bab-bab tentang fiqih dan hanya memuat hadits-hadits marfu’ saja. Dalam kitab sunan tidak terdapat pembahasan tentang aqidah, siroh, manaqib dan lainnya, hanya terbatas pada masalah fiqh dan hadits-hadits hukum saja agar digunakan oleh para fuqaha dalam mengambil kesimpulan hukum. Sunan At Tirmidzi , tulis oleh Imam Muhammad bin ‘Isa At Tirmidzi -rahimahullah. salah satu kitab yang mensyarahi Sunan At Turmudzi adalah Tuhfath Al Ahwazi karya al Mubarakfuri.

Terlepas dari adanya beberapa kritikan para Ulama lain terhadap beberapa hadits dalam jami At Tirmidzi ini,namun kitab ini memiliki keistimewaan. Imam majduddin Ibnul Atsir -rahimahullah- dalam muqodimah kitabnya, Jamiul Ushul Beliau berkata,” Kitab Shahih Tirmidzi merupakan kitab yang baik, banyak faedahnya, bagus sistematika pembahasannya dan sedikit pengulangan isinya. didalamnya banyak keteangan penting yang tidak ditemukan pada kitab-kitab hadits lainnya, seperti pembahasan tentang madzab-madzab, cara beristidlal dan penjelsan tentang hadits shahih, hasan dan gharib. Juga pembahasan mengenai Jarh wa Ta’dil dan di akhir kitab jami ini dilengkapi dengan kitab Al Ilal, secara umum kitab ini sangat berharga dan berfaedah bagi yang mempelajarinya.”

Guna memahami kandungan makna dan penjelasan / syarah hadits yang terdapat dalam Jami At Tirmidzi ini , maka ada beberapa kitab ulama yang men-syarah-nya, diantaranya:
  1. Aridatul Ahwadzi fi Syarah Sunan At Tirmidzi, karya Al Imam Al hafidz Abu bakar Muhammad bin Abdillah Al Isybili, atau yang lebih dikenal dengan nama Imam Ibnul Arabi Al Maliki [w 543 H]. Kitab ini banyak membahas perawi hadits, sanad dan hadits gharib. Juga menerangkan cabang ilmu lain sepeti nahwu, aqidah, hukum fiqh, ada, hikmah dan masalah dan penjelasan beberapa pendapat ulama.
  2.  Qutul Mughtazi Ala Jami’ AtTirmidzi, karya Al Imam Al HAfidz jalaluddin As Suyuti [w 911H].
  3. Tuhfatul Ahwadzi Syarah Sunan At Tirmidzi, karya Syaikh Abu Al Ula Muhammad Abdurrahman bin Abdurrahim Al Mubarakfuri,


Poskan Komentar