Selasa, 17 Januari 2012

AL UMM : AS SYAFI'I


Al Umm merupakan salah satu kitab fiqh karya Imam Syafi'i (w. 240 H) (salah satu dari 4 imam besar dalam ilmu fiqh). Kitab ini disusun oleh Imam Syafi'i berkaitan dengan disiplin ilmu Fiqih dan beliau memperkuat pendapat-pendpatnya dengan teks-teks hadis yang relevan dalam menjelaskan hukum-hukum. Beliau memperkuat pendapatnya dengan hadis-hadis yang beliau riwayatkan dari guru-guru beliau sendiri berikut sanad-sanadnya yang bersambung sampai kepada Nabi SAW. beliau tidak mengambilnya dari kitab-kitab lain yang sudah lebih dulu. karena itu beliau memiliki sumber hadis yang orisinail. Kitab ini dapat dikategorikan Qaul jadid, yaitu kitab yang berisi pendapat Imam syafii ketika beliau bermukim di Mesir. kategori lain adalah Qaul qadim, yaitu ketika beliau masih bermukim di Baghdad, sebelum hijrah ke Mesir.

Imam yang bernama asli Abu Abdillah Muhamad bin Idris bin Abbas bin Utsman bin Syafii ini lahir pada tahun 150 H dan wafat pada 240 H.
Kitab Al Umm sendiri merupakan kitab induk dari kitab-kitab rujukan dalam mazhab syafii, yang berisi pendapat imam syafii dalam segala hal yang terkait dengan fiqh, mulai dari taharah,
haid, shalat, jenazah, zakat, puasa, itikaf, haji,sembelihan, makanan, nazar, Jual beli, hibah, barang temuan, faraidh (warisan), wasiat, jizyah/ upeti, bughat, hukum kafir harbi, perlombaan, hukum perang, Munakahat, hudud, hakim dan peradilan, sumpah, saksi, perbudakan,ruqyah, dan lain-lain. Al hamdulillah Allah telah menganugrahi saya kesempatan untuk memilikinya. 

Tidak ada komentar: