Sabtu, 19 Maret 2016

Imam Bacaannya Cepat tidak sempat membaca Fatihah gemana ?

Pak Ustadz sy mau tanya,kadang klo sholat kita suka dapet Imam yg sholatnya cepet bgt,sebagai ma'mum baca Al fatihah sj blm selesai tp imam sdh ruku itu gmn?kita baca smpe selesai apa kita ikut imam saja,trmksh

Jawaban : Wah ini juga pertanyaan yang tidak mudah jawabannya..dipersilahkan para asatidz yang lain dulu. Kan bacaan fatihah wajib bagi mamum juga karena tidak sah orang yang tidak membaca fatihah dan mengikuti imam juga wajib, maka mana yang didahulukan ? 


Imam An Nawawi mengatakan bahwa menurut madzhab Syafii membaca al fatihah adalah wajib atas ma'mum dalam setiap rakaat baik shalat yang di baca pelan atau di baca keras kecuali rakaatnya ma'mum masbuk yang mendapati imam sudah ruku maka bacaan fatihahnya menjadi tanggungan imam namun ma'mum tetap dapat satu rakaat. Kalau kasusnya pak kirin itu bukan ma'mum masbuk. Bahkan itu pendapat mayoritas ulama . Tetap wajib membaca fatihah. Kecuali pada shalat yang imam membaca keras maka dalam mengambil jalan tengah dari beberapa dalil yg bertentangan mamun mendengarkan bacaan imam, dan setelah selesai baca fatihah imam berhenti sebentar supaya ma'mum bisa menyusul membaca fatihah. 

Imam yang terlalu cepat membaca fatihah tidak memberikan hak-hak nya bacaan faatihah dan hal itu bisa tidak memenuhi syarat dan shalatna batal. Jadi posisi pak kirim bukan mamum masbuk ya tapi mamum muwafiq. ? Tetap wajib membaca fatihah dan kalau tidak membaca fatihah batal shalatnya.

Saya menambahkan lagi jika mamum (masbuk) khawatir ketinggalan bacaan fatihahnya dari imam maka mamum jangan sibuk membaca iftitah atau taawudz tapi dipercepat bacaan fatihahnya , kata Imam An Nawawi dalam Al Majmu' jika imam ruku' dan mamum masih pertengahan dalam membaca fatihah. Maka ada 3 pendapat : 1. Mamum harus menyempurnakan fatihahnya. 2. Mamum ikut ruku'. Dan bacaan fatihahnya gugur karena mengikuti imam lebih kuat, 3. Pendapat yang lebih sahih jika dia tidak membaca iftitah dan taawudz langsung fatihah tapi belum sempurna kemudian ikut ruku' maka sisa bacaan al Fatihah gugur, namun jika sibuk membaca iftitah dan taawudz terlebih dahulu kemudian fatihahanya tidak sampai keburu imam ruku maka mamum wajib membaca fatihah semampunya..(Al Majmu'). 4/01/2016 oleh : Alip
Poskan Komentar