Sabtu, 19 Maret 2016

Apa Taqorrub itu ?

Jawaban buat pak Akhir : Taqorrob 'ilallah apa y pak ust? Dan bagaimana caranya? Dan apa keuntungannya u/ kita pak ustadz? Mhn pencerahannya?

Jawaban : taqorrub adalah segala upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah dengan berbagai macam cara yg ditentukan oleh Allah, dekat dengan Allah bukan dalam arti dekat secara fisik didalam ruang dan waktu, namun dekat dengan Anugrah dan pemberian Allah, diriwayatkan bahwa Nabi Musa AS berkata : wahai tuhanku apakah Engkau dekat maka aku akan berbisik kepadamu ? Atau Engkau jauh maka aku akan memanggil-Mu? Maka Allah menjawab : jika aku takdirkan engkau jauh maka engkau tidak akan mampu sampai, dan jika kutakdirkan engkau dekat maka engkau tidak akan mampu." Dan "Allah berfirman : " dan apabila hamba-hambaku bertanya tentang aku maka sesungguhnya aku dekat, Aku mengabulkan doa orang yang berdoa, apabila dia berdoa kepadaku, maka hendaklah dia memenuhi panggilanku,dan beriman kepadaku mudah2an dia memeperolh petunjuk kepada jalan menuju Allah"(Al Baqarah: 186) dan " Dan allah berfirman : "Aku (kata Allah) lebih dekat kepadanya dari pada urat Lehernya". 


Dekat dengan Allah secara hakiki adalah dekatnya seseorang secara khusus dengan sifat-sifat yang dimiliki Allah, sehingga perilakunya dihiasi sifat2 terpuji, seperti bijaksana, berilmu, sopan, sayang, DLL dan hal itu didapatkan setelah menghilangkan akhlak-akhlak tercela sesuai dengan kemampuannya, dekat dengan Allah adalah dekat yang bersifat Ruhani bukan dekat secara Badani. Nabi mengingatkan tentang pesan Allah dalam hadis qudsi " Barangsiap yang mendekatiku satu jengkal maka aku akan menekati dia satu hasta " dan cara terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah adalah dengan melaksanakan hal-al yang difardhukan/yang diwajibkan lalu melaksanakan yang sunah-sunah supaya dicintai Allah. Nabi Bersabda : " tidak ada Seorang hamba yg mendekatkan diri kepadaku yang nilainya seperti melaksanakan yg diwajibkan atasnya, dan sesungguhnya dia mendekatkan diri kepadaku setelah itu dengan yg sunah2 sehingga aku mencintainya". Bogor, 2 /03/2016, oleh : Alip

Tidak ada komentar: