Minggu, 24 Juli 2016

ONE DAY ONE JUZ ( Seri-2)

Edisi HALAL BI HALAL No. 0005 Tgl 19 Syawal 1437 H/ 24  Juli 2016 M
Dan paling lama waktu bisa mengkhatamkan Al Quran yang dianjurkan Rasulullah SAW adalah maksimal 40 hari, lebih lama dari 40 hari adalah makruh. (Al Fiqhul Islam Waadilatuhu juz 2 hal. 260) berdasarkan hadis.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّهُ سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي كَمْ يُقْرَأُ الْقُرْآنُ قَالَ فِي أَرْبَعِينَ يَوْمًا ثُمَّ قَالَ فِي شَهْرٍ ثُمَّ قَالَ فِي عِشْرِينَ ثُمَّ قَالَ فِي خَمْسَ عَشْرَةَ ثُمَّ قَالَ فِي عَشْرٍ ثُمَّ قَالَ فِي سَبْعٍ لَمْ يَنْزِلْ مِنْ سَبْعٍ
“..dari Abdullah bin 'Amru bahwa dia bertanya kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam; "Berapa lamakah Al Qur'an di baca (hingga khatam)?" beliau bersabda: "Dalam jangka waktu empat puluh hari." Kemudian beliau bersabda: "Dalam jangka waktu sebulan." Kemudian beliau bersabda: "Dalam jangka waktu dua puluh hari." Kemudian beliau bersabda: "Dalam jangka waktu lima belas hari." Kemudian beliau bersabda: "Dalam jangka waktu sepuluh hari." Kemudian beliau bersabda: "Dalam jangka waktu tujuh hari, dan tidak kurang dari tujuh hari."(HR Abu Daud Kitab Shalat Bab membagi Al Quran beberapa bagian No. 1187)

Disesuaikan dengan  kondisi kita yang memiliki banyak kesibukan maka mengikuti anjuran Nabi SAW alangkah baiknya jika kita bisa mengkhatamkan Al Quran maksimal 1 bulan satu kali, oleh karena itu dalam 1 hari minimal kita bisa membaca 1 juz. Jika hal ini bisa dilakukan secara berjamaah dengan mengajak lebih banyak orang maka pasti hal itu adalah lebih baik. Dan 1 juz bisa di baca dalam beberapa bagian didalam beberapa waktu sesuai dengan kesempatan waktu masing-masing.
Waktu-Waktu Yang Utama Untuk Membaca Al Quran.
Waktu kapanpun baik digunakan untuk membaca Al Quran, namun ada beberapa waktu yang utama yaitu :
  1.  Membaca Al Quran didalam shalat dengan berdiri yang lama adalah paling utama.
  2. Bacaan ketika diluar Shalat yang paling utama adalah pada malam hari
  3. Pada waktu Pertengahan Malam
  4. Waktu antara shalat Magrib dan Isya’
  5.  Waktu Ba’da Shalat Subuh

Dan waktu kapan saja dibolehkan untuk Membaca Al Quran. (Al Adzkar An Nawawiyah, Hal. 96).

Doa yang Mustajabah Bagi Yang Mengkhatamkan Al Quran
Ketika kita mampu untuk mengkhatamkan Al Quran jangan lupa untuk berdoa dengan do’a khotmil Qur’an karena do’a orang yang mengkhatamkan Al Quran adalah mustajabah. Sebagaimana didalam Hadis disebutkan.
" من ختم القرآن فله دعوة مستجابة " أخرجه الطبراني في المعجم الكبير ( 18 / 259 )
“ Barangiapa yang mengkhatamkan Al Quran maka baginya ada Doa yang mustajabah (dikabulkan Allah SWT)” (HR At Tabrani Didalam Mu’jam Al Kabir juz 18 Hal.259)
Program Yauman Walailan Juz’an Atau 1 Day 1 Juz
Adalah sebuah program yang dicanangkan di masjid Baitul Mukhlishin yang sudah dimulai dari semenjak bulan Ramadhan kemarin 1347 H yang Al Hamdulillah banyak jamaah yang mengikutinya dan bisa mengkhatamkan Al Quran dibulan Ramadhan, sebagai bentuk efek kebaikan dari pembelajaran dibulan Ramadhan kemarin maka banyak yang menginginkan program itu dilanjutkan sebagai kegiatan rutin yang bisa dilakukan secara berjamaah. Oleh karena itu kami membentuk sebuah program yang bisa diikuti oleh siapapun yang berminat dan siap berkomitmen untuk menjalankannya secara istiqomah, komitmen ini adalah komitmen bersama kepada Allah untuk lebih mencintai Al Quran dan memasyarakatkan Al Qur’an serta meng- Al Qur’ankan masyarakat.

Bogor, 24 Juli 2016 oleh : Mukhalip (Muhammad Muallip) 
Poskan Komentar