Jumat, 08 April 2016

Salafi dan Wahabi itu apa ?

Kalo boleh tau salafi apa dan wahabi apa ustad mohon penjelesanya ? 
Jawaban : Al Imam Muhammad Abu Zahroh dalam Tarikh Al Madzahibil Islamiyyah menjelaskan bahwa Salafiyyun adalah orang2 yang mengidentifikasikan pemikiran mereka dengan pemikiran orang2 salaf, mereka sudah muncul pada abad ke 4 Haijriyah dan mereka terdiri dari sebagian ulama2 Madzhab Hambali, mereka mengklaim bahwa pemikiran2 mereka merujuk kepada Al Imam Ahmad Bin Hambali yg menghidupkan akidah salaf dan memerangi yg berbeda, kemudian muncul kembali pada abad ke 7 Hijriyah, yg dihidupkan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah,yang menyiarkannya dengan gencar ,ia menambahkan beberapa pemikiran disesuaikan dg zamannya dan kemudian muncul lagi pemikiran2 itu di jazirah Arab pada Abad 12 hijriyah yg dihidupkan oleh Muhammad Bin Abdul Wahab, dan kaum wahabi terus menerus mengkampanyekannya sehingga membangkitkan kemarahan sebagian ulama." Dan sampai saat ini penerus2 yg menghidupkan pemikiran itu adalah tokoh2ny seperti Al Bani, Bin Baz dan Usaimin yang banyak menjadi rujukan kaum salafi atau wahabi.. 


Kalau mau ditelusuri ada pengertian salafi secara bahasa dan pengertian salafi secara terminologi atau istilah. Kalau secara bahasa salafi artinya terdahulu..Terdahulu itu tidak terbatas tergantung terdahulu menurut siapa.Istilah itu muncul karena dipopulerkan oleh masyarakt luas, jadi istilah salafi dan wahabi sebenarnya tergantung siapa yang menggunakan dan ditujukan untuk siapa. Dan apa yg dikenal dalam kajian aliran2 madzhab dalam Islam menurut Imam Abu zahroh sesuai yg tadi saya sebutkan..

"Sedangkan wahabi adalah penisbatan kepada pengikutnya abdul wahab bin rustum yg hidup di abad k2 d daerah afrika (salah satu paham khawarij) dan wahabi d anggap sesat karna mengkafirkan sesama muslim.". Sebaiknya pak niko memberi rujukan penisbatan ini dikeluarkan oleh siapa ? Memang Muhammad Bin Abdul wahab oleh pendukungnya disebut sebagai pejuang Tauhid namun bagi yg ulama2 yg tidak setuju, gerakan itu dianggap terlalu ekstrim karena dmelakukan pengkafiran kepada yg tidak sefaham dan memperjuangkan fahamnya dengan menggunakan kekerasan dan kekuasaan politik..

Penulis kitab Tafsir As Sowi yg mensyarahi tafsir jalalin menyebutkan wahabiyah..didalam tafsirnya..ditujukan kepada mereka..yg terlibat gerakan wahabi. Ya itu perkembangan sejarah orang lebih banyak menisbahkan wahabiyah kepada pengikut Muhammad bin Abdul Wahab..Biasanya kalau kalangan mereka tidak mau disebut wahabi, orang2 diluar kalangan mereka yg biasa menyebut wahabi.. 

Kalau Imam Muhammad Abu Zahroh dalam kitabnya menyebutkan langsung Nama Wahabiyah yg pencetus alirannya adalah Muhammad Bin Abdul Wahab, beliau menyebutkan beberapa hal yg ekstrim, diantanya : orang2 awam dari golongan wahabi menganggap perokok seperti orang musyrik, mereka seperti khawarij yg mengkafirkan pelaku dosa besar.., mereka mengharamkan kopi, mereka tidak cukup berdakwah namun mereka mempergunakan senjata untuk memerangi para penentang dg anggapan mereka memerangi bidah yg merupakan kewajiban yg wajib diperangi.. Ketika menduduki suatu desa mereka menghancurkan dan memusnahkan kuburan2 dan masjid yg disamping kuburan, bahkan kuburan para sahabatpun diratakan dengan tanah.. Saya waktu ziarah kemakam para sahabat merasa sedih.. karena sudah tidak bisa membedakan makam2 para sahabat..padahal seandainya dikasih tanda maka kita akan semakin mengenal para sahabat..hanya bisa berdoa secara umum..padahal saya ingin tahu satu persatu..bahkan dulu ada kabar kalau makam Rasulullah SAW pun akan diratakan dengan tanah..itu yg menuai perotes ummat Islam dunia.. Dengan alasan takut disembah banyak situs2 Islam yang penting hilang tanpa bekas, sehingga generasi berikutnya sulit untuk napak tilas mengenang perjuangan Rasulullah SAW dan para sahabat..Bogor, 5 April 2016, oleh. Alip
Poskan Komentar