Rabu, 20 April 2016

Dalil Dzikir Jahr

Assalamualaikum wr wb pak ustadz maaf sy mau tanya tentang dalil atau ayat yg menerangkan tentang zikir zahar terimakasih. 

Jawaban : Waalaikumsalam. Wr.wb. Kalau didalam Ayat Al Quran menganjurkan dzikir sirr, tapi kalau dalil dzikir Jahr ada didalam Hadis " dimasa Nabi kalau selesai shalat terdengar suara keras para sahabat berdzikir" lafzadnya saya lupa, nanti kalau dirumah saya shere ..


Hadisnya pak : Abu Ma'bad. Mantan budak Ibnu Abbas mengabarkan bahwa Ibnu Abbas RA mengabarkan kepadanya, bahwa mengeraskan suara dalam berdzikir setelah orang selesai menunaikan shalat Fardlu terjadi dizaman Nabi SAW, Ibnu Abbas RA mengatakan" aku mengetahui bahwa mereka telah selesai dari shalat itu karena aku mendengarnya" (HR Bukhari, Muslim. Abu Daud dan Ahmad) 

Imam Ibnu Hajar menjelaskan bahwa hadis ini menjadi dalil bolehnya dzikir Jahr setelah shalat.. Dalam menjelaskan hadis bukhari para ulama berbeda pendapat, Imam As Syafii memahami hadis itu bahwa para sahabat mengeraskan dzikir hanya pada waktu tertentu untuk tujuan mengajarkan tatacara dzikir, dan mereka tidak mendawamkan (selalu melakukan) dzikir Jahar.. 

Kalau dzikir sirr didalam Hati Maka Dzikir Jahr adalah dzikir yang mengeluarkan suara. Para ulama memang berbeda pendapat tentang masalah mana yang lebih utama dzikir jahr atau sirr.. Sebagian Ulama seperti Imam Al Mundiri menganjurkan selalu melakukan dzikir baik jahr maupun sirr dalam setiap waktu dan beliau banyak menyebutkan hadis2 yang menjelaskan dzikir didalam Hati maupun dzikir dimuka Umum..(lihat At Targhib Wa Tarhiib), 

Namun kalau dikalangan toriqoh qodiriyah biasanya dzikirnya Jahr guru2 mereka mungkin punya metode tersendiri dg dzikir jahrnya dan kalau Naqsabandiyyah lebh mengutamakan dzikir Sirr..kalau TQN itu gabungan ada dzikir jahrnya ada dzikir sirrnya. 

Kalau membaca ayat Al Quran surat Al A'Raf ayat 205 : "dan sebutlah nama Tuhanmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut dan dengan tidak mengeraskan suara diwaktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang2 lalai." Ada dzikir sirr dan ada dzikir yg mengucapkan lafadznya (diatas sirr) namun tidak terlalu keras (Tafsir jalalain)..demikian semoga manfaat. Bogor, 14 April 2016, oleh : Alip
Poskan Komentar