Sabtu, 27 Oktober 2012

DISTRIBUSI QURBAN KELUAR WILAYAH


Mendekati Hari Raya ‘Idul Adlha biasanya Ummat Islam khususnya yang memang tidak sedang melaksanakan Ibadah Haji memiliki perhatian akan pelaksanaan Qurban. Berqurban adalah salah satu Syariah Islam yang sudah lazim dilakukan oleh Ummat Islam setiap tahunnya yaitu ketika Hari raya Idul Adlha dan ditambah tiga hari Tasyriq. Biasanya Ummat Islam di Indonesia melaksakan Qurban dengan cara menyerahkannya kepada Panitia Qurban di masjid-masjid setempat atau memang dikirim kepada pihak-pihak yang diinginkan oleh yang berqurban. Penyerahan Qurbannya biasanya ada yang dalam bentuk hewan yang langsung diserahkan dan ada pula yang dalam bentuk uang diserahkan kepada pantia, nanti panitia yang akan membelikan hewan qurban. Setelah proses penyembelihan dan pemotongan daging-dagingnya, maka panitia yang mengatur pembagian daging-dagingnya, biasanya sebagian dibagikan kepada masyarakat sekitar dan ada yang disisakan untuk yang berqurban, namun yang berqurban juga ada yang tidak mau mengambil sama sekali.

Ketika yang berqurban memberikan qurbannya untuk dibagikan kepada tetangga-tetanggnya itu adalah pelaksanaan yang sesuai dengan ketentuan yang semestinya, namun bagaimana jika dia justru memberikan qurbannya ditempat yang jauh dari kediamannya. Jika pertimbangnnya adalah karena sudah banyak orang lain yang berqurban disekitarnya dan ditempat lain justru tidak ada samasekali, itu mungkin akan memberikan kemaslahatan. Namun jika disekitarnya ternyata tidak ada sama sekali yang menerima daging qurban dan dia justru memberikan qurban untuk disebarkan di daerah lain, ini yang mungkin akan jadi persoalan.

Dengan munculnya berbagai lembaga yang memiliki misi untuk menebarkan daging Qurban kedaerah-daerah lain yang lebih membutuhkan, ini memang patut diapresiasi, namun kita juga patut memberikan penilaian dan pertanyaan apakah dengan adanya lembaga – lembaga itu bisa dijamin jika orang-orang disekitar kita khusunya faqir miskin memang sudah cukup menikmati daging qurban. Hal inilah mungkin yang harus menjadi pertimbangan.

Berkenaan cara pembagian daging Qurban
Prof. Dr. wahbah Zuhaili menjelaskan Perbedaan para Ulama :

، وأما الأكل منها وتوزيعها ونحوهما ففيه خلاف يسير بين الفقهاء، الجمهور في جانب، والشافعية في جانب آخر، ورأي الجمهور أولى لاتفاقه مع ظاهر السنة النبوية.
“Adapun memakan daging Qurban, membagikannya, dan semisalnya maka ada perbedaan pendapat yang terjadi di kalangan Fuqoha (Ahli hukum Islam). Pendapat jumhur (mayoritasUlama) pada satu sisi dan Ulama-Ulama Mazdhab Syafi’I pada sisi yang lain. Pendapat Jumhur lebih utama karena lebih sesuai dengan Dzahir Sunnah Nabi.”

1 - قال جمهور الفقهاء (الحنفية والمالكية والحنابلة)  :
يجوز الأكل من الأضحية المتطوع بها، أما المنذورة، أو الواجبة بالشراء عند الحنفية فيحرم الأكل منها، كما يحرم الأكل من ولد الأضحية التي تلده قبل الذبح، أو من المشتركة بين سبعة نوى أحدهم بحصته القضاء عن الماضي. أما عند المالكية والحنابلة فيجوز الأكل من المنذورة كالمتطوع بها. والمستحب أن يجمع المضحي في حالة التطوع، أو في حالة النذر عند المالكية والحنابلة بين الأكل منها، والتصدق، والإهداء، ولو أكل الكل بنفسه أو ادخره لنفسه فوق ثلاثة أيام، جاز مع الكراهة عند الحنفية والمالكية. وجاز أكل الأكثر عند الحنابلة، فإن أكل الكل ضمن أقل ما يطلق عليه اسم اللحم كالأوقية. وليس للجمع بين الأمور الثلاثة في المشهور عند المالكية حد مقدر في ذلك بثلث ولاغيره.

1.  “Jumhur Fuqoha (Ulama Madzhab Hanafi, Maliki dan Hambali )  mengatakan :
Dibolehkan memakan daging qurban sunnah, adapun qurban yang dinadzarkan atau yang wajib dengan membeli menurut Ulama Mazdhab Hanafi maka hal itu diharamkan memakannya (bagi yang berqurban). Sebagaimana haram memakan dari daging anak hewan qurban yang lahir sebelum qurbannya disembelih. Atau dari hewan patungan antara tujuh orang yang salah satunya berniat mengkhususkan untuk mengqodlo’ qurban yang sudah lewat. Adapun menurut Ulama Maliki dan Hambali, dibolehkan memakan daging qurban yang dinazdarkan sama seperti qurban sunnah. Menurut Ulama Malikiyah dan Hambaliyah bahwa Yang dianjurkan adalah orang yang dalam kondisi berqurban sunnah atau nazdar menyatukan antara memakan, bersedekah, dan memberikan hadiah. Dan jika memakan semuanya sendiri atau menyimpan sendiri melebihi 3 hari, maka hal itu dibolehkan menurut Hanafiyah dan Malikiyah. Dan dibolehkan memakan lebih banyak menurut Hambaliyah, jika memakan semua daging maka hal itu tercakup dalam minimal sebutan daging seperti ‘Uqiyah . Tidak ada batasan tertentu menurut yang masyhur dari ulama Malikiyah bagi kompromi antara tiga hal itu dalam soal pembagian daging qurban dengan dibagi 1/3 dan tidak ada batasan dengan kadar yang lain.”

والمستحب عند الحنفية والحنابلة أن تكون نسبة التوزيع أثلاثاً، فيأكل ثلث أضحيته، ويهدي ثلثها لأقاربه وأصدقائه ولو أغنياء، ويتصد ق بثلثها على المساكين، ودليلهم عليه: قوله تعالى:
{فكلوا منها، وأطعموا القانع، والمعتر} (1) [الحج:36/22]، {وأطعموا البائس الفقير} [الحج:28/22] وأوجب الحنابلة الإطعام عملاً بالآيتين؛ لأن الأمر يقتضي الوجوب.

“Yang dianjurkan menurut Ulama Madzhab hanafi dan hambali adalah menisbatkan pembagian menjadi tiga bagian. Dia memakan 1/3 qurbannya, memberikan 1/3 nya kepada kerabat dan saudara-saudaranya walaupun orang kaya dan mensedekahkan 1/3 nya kepada orang miskin. Dalil mereka adalah firman Allah SWT :

“maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. “(Al Hajj : 36) Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.(Al Hajj : 28)

Dan ulama madzhab Hambali mewajibkan memberi makan sebagai pengamalan berdasarkan kedua ayat tadi. Karena sebuah perintah pada dasarnya menghendaki kewajiban.”

 ودليل نسبة التوزيع أثلاثاً عند غير المالكية: ما روى ابن عباس في صفة أضحية النبي صلّى الله عليه وسلم : «ويطعم أهل بيته الثلث، ويطعم فقراء جيرانه الثلث، ويتصدق على السُؤَّال بالثلث» (2) . وجهات التوزيع ثلاثة: الأكل، والادخار، لما ثبت في الحديث، والإطعام لما ثبت في الآية، فانقسم عليها ثلاثاً.
“Dalil penisbatan pembagian menjadi tiga bagian menurut selain ulama Malikiyah adalah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Ra dalam sifat qurbannya Nabi SAW : “ Nabi memberi makan keluarganya 1/3, memberi makan orang faqir tetangganya 1/3 bagian dan bersedekah kepada orang yang meminta 1/3 bagian”.  Bentuk-bentuk pembagian ada tiga : memakannya, menyimpan berdasarkan apa yang ditetapkan hadis,  dan memberi makan berdasarkan apa yang ditetapkan ayat, maka beliau membagi daging menjadi tiga bagian.”
ودليل المالكية على عدم وجود نسبة للتوزيع، وأنها مطلقة: أحاديث عائشة وجابر، وسلمة بن الأكوع وأبي سعيد وبريدة وغيرهم، التي ورد فيها: «كلوا، وادخروا ، وتصدقوا» أو: «كلوا وأطعموا، وادخروا» (3) .
“Dalil ulama Malkiyah bahwa tidak adanya penisbatan pembagian dan itu adalah mutlak, adalah hadis-hadis ‘Aisyah, Jabir, Salamah bin akwa’, Abi Sa’id, Buraidah dan lain-lain. Yang sampai dalam hal itu adalah : “ makanlah, simpanlah dan sedekahkanlah” atau “makanlah, beri makanlah dan simpanlah.”
والدليل على جواز ادخار لحوم الأضاحي عدا المذكور: قوله صلّى الله عليه وسلم : «كنت نهيتكم عن ادخار لحوم الأضاحي فوق ثلاث من أجل الدافَّة (4) ، وقد جاء الله بالسعة، فادخروا ما بدا لكم» (5) .
“Dan dalil bolehnya menyimpan daging qurban selain yang telah disebutkan adalah sabda Nabi SAW : “ Aku dulu melarang kalian menyimpan daging qurban lebih dari tiga hari disebabkan karena Daffah (ada orang-orang A’rabi yang memerlukan bekal) dan Allah telah mendatangkan kelapangan, maka Simpanlah apa yang jelas bagi kalian. “ dan seterusnya …………
__________
(1) القانع: السائل الفقير، والمعتر الذي يعتريك أو يتعرض لك بالسؤال لتطعمه، ولا يسأل
. (2) رواه الحافظ أبو موسى الأصفهاني في الوظائف، وقال: حديث حسن. وهو قول ابن مسعود وابن عمر، بدون مخالف من الصحابة.(3) انظر نيل الأوطار: 126/5 ومابعدها.
(4) الدافة: جماعة من الأعراب، كانوا قد دخلوا المدينة طلباً للزاد، لأن السنة أهلكتهم في البادية.(5) رواه مسلم، وفي حديث عائشة: «إنما نهيتكم من أجل الدافّة، فكلوا، وادخروا وتصدقوا» متفق عليه.  )الفقه الإسلامي وأدلته  (- (4 / 280)
__________
ويحرم بيع جلد الأضحية وشحمها ولحمها وأطرافها ورأسها وصوفها وشعرها ووبرها ولبنها الذي يحلبه منها بعد ذبحها، واجبة كانت أو تطوعاً؛ لأن النبي صلّى الله عليه وسلم أمر بقسم جلودها ونهى عن بيعها، فقال: «من باع جلد أضحيته، فلا أضحية له» (1) .
ولا يجوز إعطاء الجزار أو الذابح جلدها أو شيئاً منها كأجرة للذبح، لما روى علي رضي الله عنه قال : « أمرني رسول الله صلّى الله عليه وسلم أن أقوم على بُدْنه (أي عند نحرها)، وأن أقسم جلودها، وجلالها (2) ، وألا أعطي الجازر شيئاً منها» وقال: « نحن نعطيه من عندنا» (3) .
فإن أعطي الجزار شيئاً من الأضحية لفقره، أو على سبيل الهدية، فلا بأس؛ لأنه مستحق للأخذ فهو كغيره، بل هو أولى، لأنه باشرها، وتاقت نفسه إليها.
وللمضحي أن ينتفع بجلد الأضحية لاستعماله في البيت كجراب وسقاء وفرو وغربال ونحوها، ولكن له استحساناً عند الحنفية خلافاً لغيرهم: أن يشتري به ما ينتفع بعينه مع بقائه أي مبادلته بعروض (أمتعة) أخرى؛ لأن للبدل حكم المبدل، والمعاوضة بالعروض من باب الانتفاع. ولا يجوز أن يشتري به شيئاً استهلاكياً كالدراهم والدنانير والمأكولات والمشروبات، أي فلا يجوز البيع بالنقود أو السلع الاستهلاكية.
ودليل جواز الانتفاع بالجلد: أن عائشة رضي الله عنها اتخذت من جلد أضحيتها سقاء.
__________
(1) رواه الحاكم، وقال: حديث صحيح الإسناد، ورواه البيهقي أيضاً (نصب الراية: 218/4) وروى أحمد أيضاً حديثاً عن أبي سعيد، وفيه: «ولا تبيعوا لحوم الهدي والأضاحي» (نيل الأوطار: 129/5). (2) الجلال: ما يطرح على ظهر البعير من كساء ونحوه، ويجمع أيضاً على: أجلة، ومفرده: جلال بضم الجيم…(3) متفق عليه.
2 - وقال الشافعية (2) : الأضحية الواجبة ـ المنذورة أو المعينة بقوله مثلاً: «هذه أضحية» أو «جعلتها أضحية» : لا يجوز الأكل منها، لا المضحي ولا من تلزمه نفقته. ويتصدق بجميعها وجوباً. ويذبح ولد الأضحية المعينة كأمه، لكن يجوز للمضحي أكله كله قياساً على اللبن، إذ أن له شرب فاضل لبنها عن ولدها مع الكراهة.

2.     “ Ulama Syafi’iyyah berpendapat : Qurban wajib yang dinadzarkan atau ditentukan dengan ucapan seseorang misalnya : “hewan ini jadi qurban”. Atau “ aku jadikan hewan ini sebagai qurban” maka orang yang berqurban dan orang yang dalam tanggungannya tidak diperbolehkan makan dagingnya, dia wajib menyedekahkan semua dagingnya, dan anak hewan qurban disembelih juga seperti induknya. Namun diperbolehkan bagi yang berqurban memakan semua daging (anak hewan qurban)  diqiyaskan atas susu, karena dia boleh meminum sisa susu hewan qurban dari anaknya namun disertai makruh.”

وأما الأضحية التطوع: فالمستحب للمضحي بها عن نفسه الأكل منها، أي أن الأفضل له تناول لقم يتبرك بأكلها، لقوله تعالى: {فكلوا منها، وأطعموا البائس الفقير} [الحج:28/22] وعند البيهقي: «أنه صلّى الله عليه وسلم كان يأكل من كبد أضحيته» . وإنما لا يجب الأكل منها ـ كما قال الظاهرية عملاً بظاهر الآية ـ لقوله تعالى: {والبدن جعلناها لكم من شعائر الله } [الحج:36/22] فجعلها لنا، وما جعل للإنسان فهو مخير بين تركه وأكله.

“Adapun qurban sunnah, maka disunahkan bagi yang berqurban untuk dirinya ikut makan dagingnya, jelasnya bahwa yang paling utama bagi yang berqurban adalah mengambil beberapa suap untuk dimakan dengan mengalap berkah, berdasarkan firman Allah SWT. : “Maka makanlah sebahagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.(QS. AL hajj : 36). Dan menurut Imam Al Baihaqi “Sesungguhnya Nabi SAW memakan hati hewan qurban”. Hanya saja tidak wajibnya memakan daging qurban, sebagaimana pendapat Ad Dzahiriyah, adalah sebuah pengamalan berdasarkan dzahir ayat. Berdasarkan firman Allah SWT : “Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebahagian dari syiar Allah,(QS. Al hajj : 36) lalu Allah menjadikan hewan itu bagi kita. Apapun yang telah Allah jadikan untuk manusia maka manusia dipersilahkan untuk memilih antara meninggalkan atau memakannya.”

وللمضحي أيضاً إطعام الأغنياء، لا تمليكهم منها شيئاً، بل يرسل إليهم على سبيل الهدية، دون أن يتصرفوا فيه بالبيع وغيره.
“Begitu juga bagi yang berqurban dibolehkan memberikan kepada orang –orang kaya yang mereka tidak ada kepemilikan dari qurban itu, akan tetapi mengirimkan kepada mereka dalam bentuk hadiah, tanpa melakukan upaya dengan jual beli atau yang lain.”
والمضحي يأكل ثلثاً على المذهب الجديد، وفي قول قديم: يأكل نصفاً ويتصدق بالنصف الآخر. والأصح وجوباً التصدق ببعض الأضحية، ولو جزءاً يسيراً من لحمها، بحيث ينطلق عليه الاسم، على الفقراء المسلمين ولوواحداً. والأفضل التصدق بالكل إلا لقماً يتبرك بأكلها، كما تقدم.
ويتصدق المضحي في أضحية التطوع بجلدها، أو ينتفع به، كما يجوز له الانتفاع بها، والتصدق به أفضل. أما الواجبة: فيجب التصدق بجلدها.
“Orang yang berqurban memakan 1/3 nya berdasarkan madzhab (pendapat) baru. Dan di dalam pendapat terdahulu : memakan ½ dan bersedekah ½ yang lain. Yang lebih sahih adalah wajib bersedekah dengan sebagian daging qurban walaupun sebagian kecil. Kira-kira bisa disebut memberikan kepada orang faqirnya kaum muslimin walaupun hanya satu orang. Yang lebih utama adalah bersedekah semuanya kecuali hanya mengambil beberapa suap untuk dimakan sebagai pengharapan berkah, seperti yang sudah lalu. Orang yang berqurban sunnah bersedekah dengan kulitnya atau dia mengambil manfaat dari kulitnya, sebagaimana dibolehkan mengambil manfaatnya, namun jika disedekahan kulitnya itu lebih utama. Adapun qurban wajib maka wajib menyedekahkan semua dengan kulitnya.”
__________
(1) كشاف القناع: 19/3. (2) مغني المحتاج: 290/4 ومابعدها، المهذب: 240/1.
__________
Itulah perbedaan pendapat para ulama tentang tata cara dan pembagian daging qurban. Sangat luas sekali.

Disamping itu juga ada yang sering menjadi pertanyaan di masyarakat dan memerlukan penjelasan yang tegas dari para ulama, Dalam hukum Islam apakah mengirim daging Qurban kedaerah lain diperbolehkan?, maka saya mencoba membaca dan mengutip penjelasan para ulama.    

Imam An Nawawi menyinggung sedikit dalam Al Majmu’ Syarah Muhazdab :

)الخامسة) محل التضحية موضع المضحي سواء كان بلده أو موضعه من السفر بخلاف الهدي فانه يختص بالحرم وفي نقل الاضحية وجهان حكاهما الرافعي وغيره تخريجا من نقل الزكاة (السادسة) الافضل أن يضحى في داره بمشهد أهله هكذا قاله أصحابنا  ) المجموع شرح المهذب (- (8 / 425(

“(Yang Kelima) tempat untuk berqurban adalah (dilaksanakan) ditempatnya orang yang berqurban, apakah itu negerinya atau tempat (singgah) dari perjalanan, berbeda dengan Hadyi (sembelihan bagi yang sedang Haji) karena itu khusus di tanah haram. Dalam hal memindahkan (Hewan) qurban ada dua pendapat sebagaimana yang diceritakan Imam Ar Rafi’I dan yang lain dengan mengeluarkannya dari (pembahasan) memindahkan zakat. Yang paling Afdhal adalah berqurban di daerahnya dengan disaksikan keluarganya, seperti inilah yang dikatakan sahabat-sahabat kami (Ulama-ulama Syafi’iyyah). “ (Al Majmu’ syarah muhadzab)

PROF. DR. WAHBAH ZUHAILI MENJELASKAN DI DALAM FIQHUL ISLAM WAADILLATUHA :
أما نقلها إلى بلد آخر: فقال الحنفية: يكره نقلها كالزكاة من بلد إلى بلد إلا أن ينقلها إلى قرابته أو إلى قوم هم أحوج إليها من أهل بلده، ولو نقل إلى غيرهم أجزأه مع الكراهة. وقال المالكية: ولا يجوز نقلها إلى مسافة قصر فأكثر إلا أن يكون أهل ذلك الموضع أشد حاجة من أهل محل الوجوب، فيجب نقل الأكثر لهم، وتفرقة الأقل على أهله. وقال الحنابلة والشافعية كالمالكية: يجوز نقلها لأقل من مسافة القصر، من البلد الذي فيه المال، ويحرم نقلها كالزكاة إلى مسافة القصر وتجزئه..
 وقال الشافعية :ولا يجوز نقل الأضحية من بلدها لمسافة القصر فأكثر كما هو المقرر في نقل الزكاة. )الفقه الإسلامي وأدلته (- (4 / 282)

“Adapun memindahkan qurban kenegeri yang lain, maka ulama-lama Madzhab Hanafi berpendapat :  dimakruhkan memindahkan qurban sama seperti zakat dari satu negeri kenegeri lain kecuali jika memindahkannya untuk diberikan kepada kerabatnya atau kepada kaum yang mereka lebih membutuhkan dari pada penduduk daerahnya. Jika dia memindahkannya bukan kepada kedua orang tadi, maka hal itu mencukupi namun disertai makruh.

Ulama-ulama Mazdhab Maliki berpendapat : tidak dibolehkan memindahkan qurban sampai batas jarak boleh mengqosor Shalat atau lebih, kecuali jika penduduk di daerah tersebut lebih membutuhkan dari pada penduduk dimana kewajiban Qurban harus dilaksanakan, maka wajib memindahkan sebagian besar qurban bagi mereka dan menyisakan sedikit bagi keluarga yang berqurban.

Ulama-ulama madzhab hambali, madzhab Syafi’I berpendapat seperti ulama Malikiyah : yaitu diperbolehkan memindahkan qurban ke daerah lain yang kurang dari batas jarak boleh mengqosor Shalat, dari negeri dimana ada harta itu, dan haram memindahkannya sama seperti zakat sampai jarak boleh mengqosor shalat, dan mencukupinya……

Dan Ulama Syafi’iyyah mengatakan tidak boleh memindahkan qurban dari negeri qurban sejauh jarak perjalanan mengqosor shalat atau lebih sebagaimana hal itu di tetapkan dalam pemindahan zakat……………..( Fiqhu Al islam Wa Adillatuha)

Setelah saya mengutip Fiqhul Islam Wadillatuha di atas, saya baru membaca kalau Majelis Ulama DKI Jakarta juga ternyata sudah membahas persoalan ini dalam salah satu hasil putusannya. Yang salah satu pointnya yaitu point 7 adalah :

“Pada dasarnya hewan qurban dipotong dan didistribusikan (dibagi-bagikan) kepada kaum faqir miskin yang ada di desa atau daerah tempat tinggal mudlahhi (orang yang berkurban). Akan tetapi jika didesa atau daerah lain (seperti daerah asal mudlahhi atau desa-desa tertinggal) lebih membutukan, maka hewan qurban boleh ditransfer (dipindahkan) dan didistribusikan kepada faqir miskin di desa atau daerah lain. Baik dalam bentuk daging, hewan yang masih hidup atau dalam bentuk uang yang dipergunakan untuk membeli hewan qurban. Pendapat ini telah disepakati oleh jumhur (mayoritas) ulama.” ( merujuk kepada Kitab Fiqhul islam Wa Adilatuha). (Fiqih Indonesia, Fatwa-fatwa Aktual, Editor : DR. KH. Hamdan Rasyid, MA, halaman 155, beliau adalah salah satu dosen saya di PKU)

Kalau melihat penjelasan para ulama memang ada perbedaan pendapat, namun yang menjadi pokok dibolehkannya adalah jika pertimbangannya adalah kemaslahatan dimana didaerah tertentu lebih sangat membutuhkan dan didaerah asal qurban tidak begitu memerlukan. Artinya jika lembaga-lembaga pengelola daging qurban semakin banyak berdiri, dan mereka mengelola dengan cara-cara yang modern yaitu dengan cara diawetkan dengan dibuat kornet, maka harus ada system yang bisa mengontrol dan memastikan cara pengelolaannnya apakah sesuai dengan hukum islam atau tidak. Terutama biaya yang digunakan untuk pengeloalaanya apakah di perolah dari hasil daging qurban itu sendiri atau dari yang berqurban?

Dan juga harus bisa dipastikan bahwa tidak ada daerah yang justru tidak diperhatikan dalam pembagian qurban. Ataupun perlu ada perioritas wilayah, yaitu jika yang berqurban umpamanya di daerah depok maka qurbannya akan diberikan di daerah Depok juga. Dan dalam sekup wilayah yang lebih luas mungkin diperlukan keterlibatan Negara untuk bisa menjamin distribusi yang merata dalam bentuk kebijakan atau kalau diperlukan ada aturan.

Itu mungkin sedikit dari pikiran-pikiran saya, mohon maaf jika terlalu singkat karena saya belum sempat mengkaji lebih mendalam tentang system kerja lembaga-lembaga yang menebarkan hewan Qurban. Mudah-mudahan menambah wawasan Wallahua’lam bissowab.

Ciputat, 24/10/12
Muhammad Muallif.

Tidak ada komentar: