Sabtu, 31 Maret 2012

HABIS AQIQAHAN


Kebetulan pas ada tetangga yang mengundang acara Aqiqahan dan meminta untuk barang sebentar memberikan tausiyah. Terus saya coba membaca-baca kitab Takmilah Al Majmu’ Syarah Al Muhazdab dan kitab Fatul bari.

Saya buat ringkas saja. Aqiqah adalah amalan sunnah yaitu sesuatu yang disembelih karena kelahiran seorang anak.  Berdasarkan riwayat dari Baridah : bahwa sesunggunya Rasulullah SAW melaksanakan Aqiqah untuk Hasan dan Husain Radiyallahu ‘Anhuma. Artinya Aqiqah hukumnya tidak sampai Wajib beradasarkan Hadis Dari Abdurrahman Bin Abi Sa’id dari bapaknya ( Al Hadits)

Untuk anak laki-laki di sunnahkan menyembelih 2 ekor kambing dan bagi anak perempuan 1 ekor kambing.

Aqiqah dilaksanakan sebagai wujud kebahagiaan atas dilahirkannya seorang anak sebagai anugrah dari Allah, oleh karena kebahagiaan lahirnya anak laki-laki lebih banyak maka kambingnya juga lebih banyak. Namun jika ada 2 anak laki-laki kembar umpamanya maka menyembelih satu kambing untuk satu anak dibolehkan, jadi 2 kambing untuk 2 anak, disyaratkan kambingnya juga bagus dan bebas dari cacat, sama dengan persyaratan kambing kurban. Dan disembelih dengan cara-cara Syari’at juga.


Disunnahkan memisahkan anggota tubuh kambing dan tidak menghancurkan tulang-tulangnya sebagai tafa’ulan (mengharap kebaikan jasmani kepada Allah).

Disunahkan juga memasak dagingnya dengan masakan yang bai dan  enak sebagai tafa’ulan supaya Akhlak anaknya juga baik. Dan tuan rumah disunnahkan ikut makan, kemudian menghadiahkan dan bersedekah.

Menghadiahkan dagingnya yang sudah dimasak dengan sayurnya kepada orang-orang miskin dengan mengantarkannya, lebih afdhal dari pada mengundang mereka. Dengan mengundang orang-orang miskin juga tidak apa-apa.

Aqiqah disunnahkan dilaksanakan pada hari ke-7, namun jika dilakukan sebelumnya atau sesudahnya maka di anggap cukup.

Disunnhakan juga menyukur rambut setelah menyembelih. Dan di makruhkan menyisakan rambut pada sebagian kepala.

Dan sunahkan mengusapi kepalanya dengan minyak ja’faran, dan makruh di usapi dengan darah kambing.

Disunnahkan juga memberi nama Bayi dengan nama yang baik seperti nama Abdullah, Abdurrahman, karena merupakan nama yang sangat dicintai Allah. Dan makruh memberi nama yang jelek.

Disunnhakan juga menyuapi bayi dengan kunyahan korma atau sesuatu yang manis seperti madu. ( disarikan dari Kitab al Majmu’ Syarah Al Muhadzab)

Kalau di dalam Sahih Bukhari hanya di riwayatkan bebrapa hadis saja tenang aqiqah, di antaranya Imam Bukhari meriwayatkan :

حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ نَصْرٍ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَسْمَاءَ بِنْتِ أَبِي بَكْرٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّهَا حَمَلَتْ بِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ بِمَكَّةَ قَالَتْ فَخَرَجْتُ وَأَنَا مُتِمٌّ فَأَتَيْتُ الْمَدِينَةَ فَنَزَلْتُ قُبَاءً فَوَلَدْتُ بِقُبَاءٍ ثُمَّ أَتَيْتُ بِهِ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَوَضَعْتُهُ فِي حَجْرِهِ ثُمَّ دَعَا بِتَمْرَةٍ فَمَضَغَهَا ثُمَّ تَفَلَ فِي فِيهِ فَكَانَ أَوَّلَ شَيْءٍ دَخَلَ جَوْفَهُ رِيقُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثُمَّ حَنَّكَهُ بِالتَّمْرَةِ ثُمَّ دَعَا لَهُ فَبَرَّكَ عَلَيْهِ وَكَانَ أَوَّلَ مَوْلُودٍ وُلِدَ فِي الْإِسْلَامِ فَفَرِحُوا بِهِ فَرَحًا شَدِيدًا لِأَنَّهُمْ قِيلَ لَهُمْ إِنَّ الْيَهُودَ قَدْ سَحَرَتْكُمْ فَلَا يُولَدُ لَكُمْ

“Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Nashr berkata, telah menceritakan kepada kami Abu Usamah berkata, telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Urwah dari Bapaknya dari Asma binti Abu Bakar radliallahu 'anhuma, Bahwasanya di Makkah ia hamil karena hubungannya dengan Abdullah bin Zubair (suaminya). Ia berkata, "Aku lalu keluar menuju Madinah, ketika sampai di Quba, aku singgah dan melahirkan di sana. Aku lalu membawa bayiku menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan aku letakkan di pangkuannya. Kemudian Beliau minta diambilkan buah kurma, lalu mengunyahnya untuk kemudian meludahkannya ke dalam bayiku. Maka pertama kali yang masuk ke dalam perutnya adalah ludah Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Beliau memberi kunyahan kurma dan mendoakan keberkahan kepadanya. Dia adalah bayi pertama yang lahir dalam Islam. Orang-orang pun bangga, sebab telah dikatakan kepada mereka 'sesungguhnya orang-orang Yahudi telah menyihir kalian, sehingga kalian tidak akan memiliki anak'."(HR. Bukhari)

Teks di dalam al Majmu’ :
* (باب العقيقة)
* قال المصنف رحمه الله
* (العقيقة سنة وهو ما يذبح عن المولود لما روي بريدة أن النبي صلى الله عليه وسلم عق عن الحسن والحسين عليهما السلام ولا يجب ذلك لما روي عبد الرحمن بن أبي سعيد عن أبيه أن النبي صلى الله عليه وسلم سئل عن العقيقة فقال لا أحب العقوق ومن ولد له ولد فاحب أن ينسك له فليفعل فعلق على المحبة فدل على أنها لا تجب ولانه إراقة دم من غير جناية ولا نذر فلم يجب كالاضحية
والسنة أن يذبح عن الغلام شاتين وعن الجارية شاة لما روت أم كرز قالت سألت رسول الله صلى الله عليه وسلم عن العقيقة فقال للغلام شاتان مكافئتان وعن الجارية شاة ولانه إنما شرع للسرور بالمولود والسرور بالغلام أكثر فكان الذبح عنه أكثر وان ذبح عن كل واحد منهما شاة جاز لما روي عن ابن عباس رضى الله عنه قال عق رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الحسن شاة جاز لما روى ابن عباس رضى الله عنه قال (عق رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الحسن والحسين عليهما السلام كبشا كبشا) ولا يجزئ فيه ما دون الجذعة من الضأن ودون التثنية من المعز ولا يجزئ فيه إلا السليم من العيوب لانه اراقة دم بالشرع فاعتبر فيه ما ذكرناه كالاضحية
 والمستحب أن يسمى الله تعالى ويقول اللهم لك واليك عقيقة فلان لما روت عائشة رضى الله عنها أن النبي صلى الله عليه وسلم (عق عن الحسن والحسين وقال قولوا بسم اللهم لك واليك عقيقة فلان) والمستحب أن يفصل أعضاءها ولا يكسر عظمها لما روي عن عائشة رضى الله عنها أنها قالت (السنة شاتان مكافئتان عن الغلام وعن الجارية شاة تطبخ جدولا ولا يكسر عظم) ويأكل ويطعم ويتصدق وذلك يوم السابع ولانه أول ذبيحة فاستحب أن لا يكسر عظم تفاؤلا بسلامة أعضائه ويستحب أن يطبخ من لحمها طبيخا حلوا تفاؤلا بحلاوة أخلاقه
* ويستحب أن يأكل منها ويهدي ويتصدق لحديث عائشة ولانه إراقة دم مستحب فكان حكمها ما ذكرناه كالاضحية
* والسنة أن يكون ذلك في اليوم السابع لما روت عائشة رضى الله عنها قالت (عق رسول الله صلى الله عليه وسلم عن الحسن والحسين عليهما السلام يوم السابع وسماهما وأمر أن يماط عن رؤسهما الاذى) فان قدمه على اليوم السابع أو أخره أجزأه لانه فعل ذلك بعد وجود السبب والمستحب أن يحلق شعره بعد الذبح لحديث عائشة ويكره أن يترك على بعض راسه الشعر لما روى ابن عمر رضى الله عنهما قال (نهى رسول الله صلى الله عليه وسلم عن القزع في الرأس) والمستحب أن يلطخ راسه بالزعفران ويكره أن يلطخ بدم العقيقة لما روت عائشة رضى الله عنها قالت (كانوا في الجاهلية يجعلون قطنة في دم العقيقة ويجعلونها على رأس المولود فأمرهم النبي صلى الله عليه وسلم أن يجعلوا مكان الدم خلوفا)):
 المجموع شرح المهذب - (8 / 426)

Saya cantumkan teks kitab muhadzabnya saja , syarahnya atau Penjelasan lebih rinci silahkan pelajari kitabnya. Wallahu A’lam bissowab.

محمد مؤلف
1 /04/12

2 komentar:

rental mobil palembang mengatakan...

Izin baca-baca untuk referensi tafsir hadits

salam dari
rental mobil di palembang dan sewa mobil di palembang

alip mengatakan...

silahkan mudaha2an manfaat