Ketika kita melaksanakan shalat ‘Idul Adha setelah imam
membaca Surat Al fatihah ada beberapa
anjuran untuk membaca surat-surat tertentu di antaranya adalah sebagaimana
dijelaskan oleh para ulama berdasarkan hadist Rasululah SAW.
I.
Membaca Surat Qoof dan Al Qomar
Imam As Sairooji dalam Kitab Muhadzabnya
menjelaskan :
والسنة أن يقرأ بعد الفاتحة بقاف واقتربت لما
روى أبو واقد الليثي قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقرأ في الفطر والأضحى بقاف
واقتربت الساعة
والسنة أن يجهر فيهما بالقراءة لنقل الخلف عن
السلف
المهذب في فقه الإمام الشافعي “
“Disunnahkan setelah membaca Al
Fatihah membaca surat “Qof” dan Waqtarobat” berdasarkan hadits yang
diriwayatkan oleh Abu Waqid Al laisi, beliau berkata : Rasulullah SAW di dalam
shalat Idul Fitri dan ‘Idul Adha membaca surat Qoof dan Waqtarobatissaa’ah. Dan disunahkan
mengeraskan bacaan di dalam keduanya berdasarkan dalil yang dinuqil ulama khalaf
dari ulama salaf.( Al Muhaddzab : Bab Shalatul Idaini )
Hadis yang dimaksud Oleh Imam As Sairoji
adalah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Kitabnya Shahih Muslim :
حَدَّثَنَا يَحْيَى
بْنُ يَحْيَى قَالَ قَرَأْتُ عَلَى مَالِكٍ عَنْ ضَمْرَةَ بْنِ سَعِيدٍ الْمَازِنِيِّ
عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ
أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ
سَأَلَ أَبَا وَاقِدٍ اللَّيْثِيَّ مَا كَانَ يَقْرَأُ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الْأَضْحَى وَالْفِطْرِ فَقَالَ كَانَ يَقْرَأُ فِيهِمَا
بِق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيدِ وَاقْتَرَبَتْ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ
Artinya :”Telah menceritakan kepada
kami Yahya bin Yahya ia berkata, saya telah membacakan kepada Malik dari
Dlamrah bin Sa'id Al Mazini dari Ubaidullah bin Abdullah bahwasa Umar bin Al
Khaththab pernah bertanya kepada Abu Waqid Al Laitsi, "Surat apa yang
dibaca oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam ketika mengerjakan shalat
Iedul Adlha dan Iedul Fithri?" ia menjawab, "Beliau membaca surat
'QAAF WAL QUR`ANIL MAJIID' dan 'IQTARABATIS SAA'ATU WAN SYAQQAL QAMAR."
Ada satu riwayat lagi :
و حَدَّثَنَا إِسْحَقُ
بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا أَبُو عَامِرٍ الْعَقَدِيُّ حَدَّثَنَا فُلَيْحٌ عَنْ
ضَمْرَةَ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُتْبَةَ عَنْ
أَبِي وَاقِدٍ اللَّيْثِيِّ قَالَ
سَأَلَنِي عُمَرُ
بْنُ الْخَطَّابِ عَمَّا قَرَأَ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
فِي يَوْمِ الْعِيدِ فَقُلْتُ بِاقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَ ق وَالْقُرْآنِ الْمَجِيد
Artinya : “Dan telah menceritakan
kepada kami Ishaq bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami Abu Amir Al 'Aqadi
telah menceritakan kepada kami Fulaih dari Dlamrah bin Sa'id dari Ubaidullah
bin Abdullah bin Utbah dari Abu Waqid Al Laitsi ia berkata; Umar bin Al Khathab
bertanya kepadaku, "Surat apa yang dibaca oleh Rasulullah shallallahu
'alaihi wasallam pada saat shalat Ied?" saya menjawab, "Yaitu, belia
membaca surat, 'IQTARABATIS SAA'ATU' dan 'QAAF WAL QUR`ANIL MAJIID.'"
Hasil yang semisal hadits di atas juga
diriwayatkan oleh Imama At Turmudzi, Imam An Nasi dan Imam Ibnu Majah.
Imam An nawawi menjelaskan dalam Syarah
Muslimnya :
قَوْله : ( عَنْ
أَبِي وَاقِد سَأَلَنِي عُمَر
قَالُوا يَحْتَمِل
أَنَّ عُمَر رَضِيَ اللَّه عَنْهُ شَكَّ فِي ذَلِكَ فَاسْتَثْبَتَهُ أَوْ أَرَادَ إِعْلَام
النَّاس بِذَلِكَ أَوْ نَحْو هَذَا مِنْ الْمَقَاصِد . قَالُوا : وَيَبْعُد أَنَّ عُمَر
لَمْ يَكُنْ يَعْلَم ذَلِكَ مَعَ شُهُوده صَلَاة الْعِيد مَعَ رَسُول اللَّه صَلَّى
اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّات وَقُرْبه مِنْهُ . فَفِيهِ دَلِيل لِلشَّافِعِيِّ
وَمُوَافِقِيهِ أَنَّهُ تُسَنّ الْقِرَاءَة بِهِمَا فِي الْعِيدَيْنِ . قَالَ الْعُلَمَاء
: وَالْحِكْمَة فِي قِرَاءَتهمَا لِمَا اِشْتَمَلَتَا عَلَيْهِ مِنْ الْإِخْبَار بِالْبَعْثِ
، وَالْإِخْبَار عَنْ الْقُرُون الْمَاضِيَة ، وَإِهْلَاك الْمُكَذِّبِينَ ، وَتَشْبِيه
بُرُوز النَّاس لِلْعِيدِ بِبُرُوزِهِمْ لِلْبَعْثِ ، وَخُرُوجهمْ مِنْ الْأَجْدَاث
كَأَنَّهُمْ
جَرَاد مُنْتَشِر . وَاللَّهُ أَعْلَمُ .
جَرَاد مُنْتَشِر . وَاللَّهُ أَعْلَمُ .
“Sabda Nabi SAW : ( dari Abi Waqidi: Umar bertanya kepadaku ) : para ulama berpendapat kemungkinan Umar RA. Ragu-ragu tentang hal itu, atau beliau ingin memantapakan atau beliau ingin memberitahu manusia tentang hal itu atau semisal maksud-maksud hal itu. Para ulama berpendapat : sangat jauh kalau Umar tidak mengetahui hal itu ketika beliau selalu menghadiri shalat ‘Id bersama-sama Rasulullah SAW beberapa kali dan dekatnya Umar RA dengan baginda Nabi SAW. Ini menjadi dalil bagi As Syafi’I dan yang sependapat dengannnya bahwa disunnahkan membaca surat keduanya di dalam shalat dua ‘Id. Para ulama berkata : Hikmah di dalam membaca kedua surat adalah karena keduanya mengandung berita-berita hari kebangkitan, berita Masa-masa terdahulu, penghancuran orang-orang yang mendustakan, menyerupakan keluarnya manusia untuk shalat ‘Id dengan keluarnya manusia pada hari dibangkitkan. Dan keluarnya manusia dari kuburan seakan-akan belalang yang beterbangan. Wallahua’lam.”
II. Surat Al A’laa dan Surat Al ghasiyyah
Al Allamah
Ibnu as Sayyid Muhammad Syatho’ Ad Dimyati menjelaskan di dalam kitab I’anatut
Thalibin sayarah Fatul Mu'in menjelaskan : “ atau membaca surat Sabbihis marobikal a’la pada rakaat pertama dan surat
Al Ghasiyyah pada rakat kedua dengan dibaca keras”:
Pendapat di
atas di dasarkan hadis dari Rasulullah SAW diriwayatkan oleh Imam Muslim :
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَأَبُو
بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَإِسْحَقُ جَمِيعًا عَنْ جَرِيرٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا
جَرِيرٌ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ عَنْ أَبِيهِ عَنْ حَبِيبِ
بْنِ سَالِمٍ مَوْلَى النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الْعِيدَيْنِ وَفِي الْجُمُعَةِ بِسَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ
الْأَعْلَى وَهَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ قَالَ وَإِذَا اجْتَمَعَ الْعِيدُ
وَالْجُمُعَةُ فِي يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا فِي الصَّلَاتَيْنِ
و حَدَّثَنَاه قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ
حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ الْمُنْتَشِرِ بِهَذَا
الْإِسْنَادِ
Artinya :
“Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dan Abu Bakar bin Abu
Syaibah dan Ishaq semuanya dari Jarir - Yahya berkata- telah mengabarkan kepada
kami Jarir dari Ibrahim bin Muhammad bin Al Muntasyir dari bapaknya dari Habib
bin Salim Maula Nu'man bin Basyir, dari Nu'man bin Basyir ia berkata;"Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam biasa membaca surat Al A'la dan surat Al Ghasyiah
dalam shalat dua hari raya dan shalat Jum'at. Bila shalat Id bertepatan dengan
hari Jum'at, beliau juga membaca kedua surat tersebut dalam kedua shalat itu."
Dan telah menceritakannya kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan
kepada kami Abu 'Awanah dari Ibrahim bin Muhammad bin Al Muntasyir dengan
sanad-sanad ini.” (HR. Imam Muslim, diriwayatkan juga oleh Imam Abu Daud,
Imam An Nasi, Ibnu Majah, dan Imam Turmudzi.)
Oleh : Muhammad
Muallif
1 komentar:
Posting Komentar