Imam Muslim
meriwayatkan di dalam kitab Sahih Muslimnya :
حَدَّثَنَا زُهَيْرُ
بْنُ حَرْبٍ حَدَّثَنَا جَرِيرٌ عَنْ هِشَامِ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ عَائِشَةَ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ كَانَتْ قُرَيْشٌ تَصُومُ عَاشُورَاءَ فِي
الْجَاهِلِيَّةِ وَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ
فَلَمَّا هَاجَرَ إِلَى الْمَدِينَةِ صَامَهُ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ فَلَمَّا فُرِضَ
شَهْرُ رَمَضَانَ قَالَ مَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ
و حَدَّثَنَا أَبُو
بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو كُرَيْبٍ قَالَا حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ عَنْ
هِشَامٍ بِهَذَا الْإِسْنَادِ وَلَمْ يَذْكُرْ فِي أَوَّلِ الْحَدِيثِ وَكَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُهُ وَقَالَ فِي آخِرِ الْحَدِيثِ
وَتَرَكَ عَاشُورَاءَ فَمَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ وَلَمْ يَجْعَلْهُ
مِنْ قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَرِوَايَةِ جَرِيرٍ
Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Zuhair bin Harb
telah menceritakan kepada kami Jarir dari Hisyam bin Urwah dari bapaknya dari
Aisyah radliallahu 'anha, ia berkata; Di zaman Jahiliyah orang-orang Quraisy
melakukan puasa pada hari 'Asyura`, dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
pernah pula melaksanakannya. Ketika beliau melakukan hijrah ke Madinah beliau
berpuasa dan beliau memerintahkan agar berpuasa. Maka tatkala puasa Ramadlan
diwajibkan, beliau bersabda: "Siapa yang suka puasa di hari
'Asyura`silakan ia berpuasa, dan siapa yang tidak suka boleh meninggalkannya.
(HR. Muslim)
" Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu
Syaibah dan Abu Kuraib keduanya berkata, telah menceritakan kepada kami Ibnu
Numair dari Hisyam dengan isnad ini, dan ia tidak menyebutkan di awal hadits;
"Dan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga pernah berpuasa
'Asyura`." Dan di akhir hadits ia menyebutkan; "Beliau meninggakan
puasa 'Asyura`. Siapa yang suka melakukan puasa 'Asyura silakan mengerjakan,
dan siapa yang meninggalkannya (tidaklah mengapa)." Ia tidak menjadikan
ungkapan sebagai bagian dari sabda Nabi shallallahu 'alaihi wasallam,
sebagaimana pula yang tercantum dalam riwayatnya Jarir.” (HR. Muslim)
hadis tersebut juga
dikeluarkan Al Bukhari, Abu Daud, At Turmudzi dan Ibnu Majah dari ‘Urwah dari
aisyah RA.
Bagaimana sebenarnya kedudukan puasa Asyura dalam Islam, Imam
An Nawawi Menjelaskan :
اِتَّفَقَ الْعُلَمَاء
عَلَى أَنَّ صَوْم يَوْم عَاشُورَاء الْيَوْم سُنَّة لَيْسَ بِوَاجِبٍ ، وَاخْتَلَفُوا
فِي حُكْمه فِي أَوَّل الْإِسْلَام حِين شُرِعَ صَوْمه قَبْل صَوْم رَمَضَان ، فَقَالَ
أَبُو حَنِيفَة : كَانَ وَاجِبًا ، وَاخْتَلَفَ أَصْحَاب الشَّافِعِيّ فِيهِ عَلَى
وَجْهَيْنِ مَشْهُورَيْنِ : أَشْهَرُهُمَا عِنْدَهُمْ : أَنَّهُ لَمْ يَزَلْ سُنَّةً
مِنْ حِين شُرِعَ ، وَلَمْ يَكُنْ وَاجِبًا قَطُّ فِي هَذِهِ الْأُمَّة ، وَلَكِنَّهُ
كَانَ مُتَأَكِّدَ الِاسْتِحْبَاب ، فَلَمَّا نَزَلَ صَوْم رَمَضَان صَارَ مُسْتَحَبًّا
دُون ذَلِكَ الِاسْتِحْبَاب . وَالثَّانِي : كَانَ وَاجِبًا ، كَقَوْلِ أَبِي حَنِيفَة
، وَتَظْهَر فَائِدَة الْخِلَاف فِي اِشْتِرَاط نِيَّة الصَّوْم الْوَاجِب مِنْ اللَّيْل
، فَأَبُو حَنِيفَة لَا يَشْتَرِطهَا ، وَيَقُول : كَانَ النَّاس مُفْطِرِينَ أَوَّل
يَوْم عَاشُورَاء ثُمَّ أُمِرُوا بِصِيَامِهِ بِنِيَّةٍ مِنْ النَّهَار ، وَلَمْ يُؤْمَرُوا
بِقَضَائِهِ بَعْد صَوْمه . وَأَصْحَاب الشَّافِعِيّ يَقُولُونَ : كَانَ مُسْتَحَبًّا
فَصَحَّ بِنِيَّةٍ مِنْ النَّهَار ، وَيَتَمَسَّك أَبُو حَنِيفَة بِقَوْلِهِ : ( أَمَرَ
بِصِيَامِهِ ) وَالْأَمْر لِلْوُجُوبِ ، وَبِقَوْلِهِ : ( فَلَمَّا فُرِضَ رَمَضَان
قَالَ : مَنْ شَاءَ صَامَهُ وَمَنْ شَاءَ تَرَكَهُ ) . وَيَحْتَجُّ الشَّافِعِيَّةُ
بِقَوْلِهِ : ( هَذَا يَوْم عَاشُورَاء ، وَلَمْ يَكْتُب اللَّه عَلَيْكُمْ صِيَامه
) . وَالْمَشْهُور فِي اللُّغَة : أَنَّ عَاشُورَاء وَتَاسُوعَاء مَمْدُودَانِ ، وَحُكِيَ
قَصْرُهُمَا
“Para Ulama sepakat bahwa berpuasa Asyura pada hari ini adalah
sunnah bukan wajib. Dan mereka berbeda pendapat di dalam Hukumnya pada
permulaan Islam ketika disyariatkan puasa Asyura sebelum puasa Ramadhan, Abu
Hanifah berkata : Puasa Asyura itu Wajib. Sahabat-sahabat Syafi’I berbeda
pendapat tentang puasa Asyura, terbagi menjadi dua pendapat yang popular : Pendapat
yang paling popular di sisi mereka adalah : Bahwa puasa Asyura selamanya
disunnahkan dari mulai disyariatkannya, dan tidak diwajibkan sama sekali pada
Ummat ini, akan tetapi sangat dikuatkan kesunahannya. Maka ketika datang puasa
Ramadhan menjadi mustahab (dianjurkan) tanpa kesunahan yang pertama. Pendapat
kedua : Pusa Asyura Wajib, seperti pendapat Abu Hanifah. Dan Nampak jelas
manfaat perbedaan dalam mensyaratkan niat puasa wajib pada malam hari, Abu
Hanifah tidak mensyaratkan dan beliau berkata : Manusia berbuka pada permulaan
hari Asyura kemudian diperintahkan untuk berpuasa dan berniat disiang hari, dan
tidak diperintahkan untuk mengqodonya setelah berpuasa. Para sahabat Syafi’I
berkata : Puasa Asyura itu Mustahab (dianjurkan) dan sah niatnya siang hari. Abu
Hanifah berpegang pada perkataan Aisyah RA: (Nabi Memerintahkan berpuasa
Asyura) Amr menunjukan wajib, dan berdasarkan perkataan Aisyah RA : (maka
ketika Romadhan sudah diwajibkan, Nabi SAW bersabda : Barangsiapa yang
menghendaki berpuasalah dan barang siapa yang ingin, tinggalkanlah puasa
Asyura’). Ulama-ulama Syafiiyah berhujjah dengan perkataan beliau : ( ini
adalah hari Asyura’ dan Allah tidak mewajibkan atas kalian berpuasa Asyura’) .
yang popular menurut bahasa bahwa Asyura dan tasu’a adalah dibaca panjang
keduanya, dalam riwayat lain dibaca pendek. (Syarah Sahih Muslim Imam
Nawawi)
Tanggal Berapakah hari ‘Asyura itu ? Apakah tanggal 9 atau 10
Muharram ?
Imam Muslim meriwayatkan :
و حَدَّثَنَا الْحَسَنُ
بْنُ عَلِيٍّ الْحُلْوَانِيُّ حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي مَرْيَمَ حَدَّثَنَا يَحْيَى
بْنُ أَيُّوبَ حَدَّثَنِي إِسْمَعِيلُ بْنُ أُمَيَّةَ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا غَطَفَانَ
بْنَ طَرِيفٍ الْمُرِّيَّ يَقُولُ سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُمَا يَقُولُا حِينَ صَامَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَأَمَرَ بِصِيَامِهِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ
إِنَّهُ يَوْمٌ تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَإِذَا كَانَ الْعَامُ الْمُقْبِلُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
صُمْنَا الْيَوْمَ التَّاسِعَ قَالَ فَلَمْ يَأْتِ الْعَامُ الْمُقْبِلُ حَتَّى تُوُفِّيَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Artinya : “Dan Telah menceritakan kepada kami Al Hasan bin
Ali Al Hulwani telah menceritakan kepada kami Ibnu Abu Maryam telah
menceritakan kepada kami Yahya bin Ayyub telah menceritakan kepadaku Isma'il
bin Umayyah bahwa ia mendengar Abu Ghathafan bin Tharif Al Murri berkata, saya
mendengar Abdullah bin Abbas radliallahu 'anhuma berkata saat Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam berpuasa pada hari 'Asyura`dan juga memerintahkan
para sahabatnya untuk berpuasa; Para sahabat berkata, "Wahai Rasulullah,
itu adalah hari yang sangat diagungkan oleh kaum Yahudi dan Nashrani."
Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Pada tahun depan
insya Allah, kita akan berpuasa pada hari ke sembilan (Muharram)." Tahun
depan itu pun tak kunjung tiba, hingga Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
wafat”. (HR Muslim )
Berkenaan cara memahami hadis di atas ada sebuah pertanyaan
yang berkaitan dengan berpuasa pada Hari Asyura, tanggal berapakah hari Asyura?,
apakah tanggal 9 atau 10 Muharram ?.Untuk mendapat jawabn dari pertanyaan di
atas dan lebih mendalami pembahasan ini alangkah baiknya kita merujuk pendapat
Ahli Hadits dan sekaligus Al Faqih, Imam
An Nawawi menjelaskan dalam syarah
Muslimnya :
قَوْله : ( عَنْ
اِبْن عَبَّاس أَنَّ يَوْم عَاشُورَاء هُوَ تَاسِع الْمُحَرَّم ، وَأَنَّ النَّبِيّ
صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصُوم التَّاسِع ) ، وَفِي الرِّوَايَة الْأُخْرَى
: ( عَنْ اِبْن عَبَّاس أَنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَامَ يَوْم
عَاشُورَاء فَقَالُوا : يَا رَسُول اللَّه إِنَّهُ يَوْم تُعَظِّمُهُ الْيَهُودُ وَالنَّصَارَى
، فَقَالَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : فَإِذَا كَانَ الْعَامُ
الْمُقْبِلُ - إِنْ شَاءَ اللَّه تَعَالَى - صُمْنَا الْيَوْم التَّاسِع ، قَالَ :
فَلَمْ يَأْتِ الْعَام الْمُقْبِل حَتَّى تُوُفِّيَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ ) هَذَا تَصْرِيح مِنْ اِبْن عَبَّاس بِأَنَّ مَذْهَبَهُ ، أَنَّ عَاشُورَاء
هُوَ الْيَوْم التَّاسِع مِنْ الْمُحَرَّم ، وَيَتَأَوَّلهُ عَلَى أَنَّهُ مَأْخُوذ
مِنْ إِظْمَاء الْإِبِل ، فَإِنَّ الْعَرَب تُسَمِّي الْيَوْم الْخَامِس مِنْ أَيَّام
الْوِرْد رَبْعًا ، وَكَذَا بَاقِي الْأَيَّام عَلَى هَذِهِ النِّسْبَة فَيَكُون التَّاسِعُ
عَشْرًا . وَذَهَبَ جَمَاهِير الْعُلَمَاء مِنْ السَّلَف وَالْخَلَف : إِلَى أَنَّ
عَاشُورَاء هُوَ الْيَوْم الْعَاشِر مِنْ الْمُحَرَّم ، وَمِمَّنْ قَالَ ذَلِكَ : سَعِيد
بْن الْمُسَيِّب ، وَالْحَسَن الْبَصْرِيّ ، وَمَالِك وَأَحْمَد وَإِسْحَاق ، وَخَلَائِق
، وَهَذَا ظَاهِر الْأَحَادِيث ، وَمُقْتَضَى اللَّفْظ ،وأمَّا تَقْدِير أَخْذه مِنْ
( الْإِظْمَاء ) فَبَعِيدٌ ، ثُمَّ إِنَّ حَدِيث اِبْن عَبَّاس الثَّانِي يَرُدّ عَلَيْهِ
؛ لِأَنَّهُ قَالَ : إِنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَصُوم
عَاشُورَاء فَذَكَرُوا أَنَّ الْيَهُود وَالنَّصَارَى تَصُومهُ ، فَقَالَ : إِنَّهُ
فِي الْعَام الْمُقْبِل يَصُوم التَّاسِع ، وَهَذَا تَصْرِيح بِأَنَّ الَّذِي كَانَ
يَصُومهُ لَيْسَ هُوَ التَّاسِع ، فَتَعَيَّنَ كَوْنه الْعَاشِر ، قَالَ الشَّافِعِيّ
وَأَصْحَابه وَأَحْمَد وَإِسْحَاق وَآخَرُونَ : يُسْتَحَبّ صوم التَّاسِع وَالْعَاشِر
جَمِيعًا ؛ لِأَنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَامَ الْعَاشِر ،
وَنَوَى صِيَام التَّاسِع ، وَقَدْ سَبَقَ فِي صَحِيح مُسْلِم فِي كِتَاب الصَّلَاة
مِنْ رِوَايَة أَبِي هُرَيْرَة أَنَّ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ
: " أَفْضَل الصِّيَام بَعْد رَمَضَان شَهْر اللَّه الْحَرَام " قَالَ بَعْض
الْعُلَمَاء : وَلَعَلَّ السَّبَب فِي صَوْم التَّاسِع مَعَ الْعَاشِر أَلَّا يَتَشَبَّهَ
بِالْيَهُودِ فِي إِفْرَاد الْعَاشِر . وَفِي الْحَدِيث إِشَارَة إِلَى هَذَا ، وَقِيلَ
: لِلِاحْتِيَاطِ فِي تَحْصِيل عَاشُورَاء ، وَالْأَوَّل أَوْلَى ، وَاَللَّهُ أَعْلَمُ-
. شرح النووي على مسلم -
بَاب أَيّ يَوْمٍ يُصَام فِي عَاشُورَاء(
“Perkataan Ibnu Abbas RA : (
Dari Ibnu Abbas Bahwa hari Asyura yaitu tanggal 9 Muharram, dan Nabi SAW
berpuasa pada hari kesembilan ), dan didalam riwayat yang lain : (dari Ibnu
Abbas RA bahwa sesungguhnya Nabi SAW berpuasa pada hari Asyura, maka para
sahabat berkata : Ya rasulullah SAW, Asyura adalah hari yang diagungkan Yahudi
dan Nasrani, kemudian Rasulullah SAW berkata : apabila masih menjumpai tahun
depan –jika Allah menghendaki- aku akan berpuasa pada hari tanggal 9, Ibnu
Abbas berkata : Tahun depan itupun tak kunjung tiba sehingga Rasulullah SAW
wafat). Ini merupakan penjelasan Ibnu Abbas, bahwa Madzhab beliau menetapkan Asyura
adalah hari kesembilan Muharram, dan beliau mendapatkan itu berdasarkan
pengambilan dari “Idzmaulibili : menghauskan onta” karena Orang-orang Arab menamakan hari kelima dari “Ayyamilwirdi’”
dengan nama hari keempat, begitu pula hari-hari yang lain dengan penisbahan ini
maka hari kesembilan adalah hari kesepuluh. Mayoritas Ulama salaf dan Khalaf
berpendapat : Bahwa Asyura adalah hari kesepuluh dari bulan Muharram. Dan di
antar yang berpendapat demikian adalah, Sa’id bin Musayyab, Hasan Al Bashri,
Malik, Ahmad, Ishaq dan para makhluk, pendapat ini adalah menurut Dzahir hadits
dan yang dikehendaki lafadznya. Adapun memperkirakan “Akhdzihi minal Idzmaa’”
adalah jauh pengertiannya., lalu hadis Ibnu Abbas RA yang kedua menolak atas
hal itu, karena beliau berkata : sesungguhnya Nabi SAW berpuasa Asyura, lalu
mereka menyebutkan bahwa orang-orang Yahudi dan Nasrani berpuasa hari itu, lalu beliau Berkata :
sesungguhnya Nabi SAW pada tahun depan berpuasa pada hari kesembilan, hal ini
memberikan penjelasan bahwa hari yang dimana Nabi berpuasa adalah bukan hari ke-9, namun ditentukan hari
ke-10.
As Syafi’I dan
Sahabat-sahabatnya, Ahmad, Ishaq dan yang lain berkata : dianjurkan
berpuasa pada hari 9 dan 10 semuanya, karena Nabi SAW berpuasa pada hari 10 dan
berniat berpuasa hari ke-9. Telah
terdahulu di dalam Sahih Muslim dalam Kitab As Shalat dari riwayat Abi Hurairah
RA, bahwa sesungguhnya Nabi SAW berkata : Puasa yang paling utama setelah puasa
Ramadhan adalah Bulan-bulan Haram. Sebagian Ulama berkata : boleh jadi sebab
berpuasa hari 9 bersama hari 10 supaya
tidak menyerupai Yahudi dan Nasrani dalam menyendirikan hari ke-10, di dalam
Hadits ini ada isyarat akan hal itu,
dan dikatakan dalam satu pendapat : untuk kehati-hatian dalam mendapatkan
Asyura. Dan Pendapat pertama lebih utama. Wallahu’a’lam. (Syarah
Muslim, Imam Nawawi, Bab : Hari keberapa puasa Asyura ? , Juz 4, hal.267-268).
Oleh :محمد مؤلف
29/11/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar