Tulisan ini saya tambahi tidak hanya hadis-hadis Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) namun dengan beberapa penjelasan tentang keutamaan puasa Tarwiyah (8 Dzulhijjah).
I.
Dijelaskan
di dalam Hadits Sahih Muslim dari Abu Qotadah :
و حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى التَّمِيمِيُّ
وَقُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ جَمِيعًا عَنْ حَمَّادٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا حَمَّادُ
بْنُ زَيْدٍ عَنْ غَيْلَانَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيِّ عَنْ
أَبِي قَتَادَةَ
رَجُلٌ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ كَيْفَ تَصُومُ فَغَضِبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا رَأَى عُمَرُ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ غَضَبَهُ قَالَ رَضِينَا بِاللَّهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا نَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ غَضَبِ اللَّهِ وَغَضَبِ رَسُولِهِ فَجَعَلَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يُرَدِّدُ هَذَا الْكَلَامَ حَتَّى سَكَنَ غَضَبُهُ فَقَالَ عُمَرُ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ بِمَنْ يَصُومُ الدَّهْرَ كُلَّهُ قَالَ لَا صَامَ وَلَا أَفْطَرَ أَوْ قَالَ لَمْ يَصُمْ وَلَمْ يُفْطِرْ قَالَ كَيْفَ مَنْ يَصُومُ يَوْمَيْنِ وَيُفْطِرُ يَوْمًا قَالَ وَيُطِيقُ ذَلِكَ أَحَدٌ قَالَ كَيْفَ مَنْ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا قَالَ ذَاكَ صَوْمُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام قَالَ كَيْفَ مَنْ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمَيْنِ قَالَ وَدِدْتُ أَنِّي طُوِّقْتُ ذَلِكَ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثٌ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ فَهَذَا صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ غَضَبَهُ قَالَ رَضِينَا بِاللَّهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيًّا نَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ غَضَبِ اللَّهِ وَغَضَبِ رَسُولِهِ فَجَعَلَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يُرَدِّدُ هَذَا الْكَلَامَ حَتَّى سَكَنَ غَضَبُهُ فَقَالَ عُمَرُ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ بِمَنْ يَصُومُ الدَّهْرَ كُلَّهُ قَالَ لَا صَامَ وَلَا أَفْطَرَ أَوْ قَالَ لَمْ يَصُمْ وَلَمْ يُفْطِرْ قَالَ كَيْفَ مَنْ يَصُومُ يَوْمَيْنِ وَيُفْطِرُ يَوْمًا قَالَ وَيُطِيقُ ذَلِكَ أَحَدٌ قَالَ كَيْفَ مَنْ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمًا قَالَ ذَاكَ صَوْمُ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَام قَالَ كَيْفَ مَنْ يَصُومُ يَوْمًا وَيُفْطِرُ يَوْمَيْنِ قَالَ وَدِدْتُ أَنِّي طُوِّقْتُ ذَلِكَ ثُمَّ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثٌ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَمَضَانُ إِلَى رَمَضَانَ فَهَذَا صِيَامُ الدَّهْرِ كُلِّهِ صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالسَّنَةَ الَّتِي بَعْدَهُ وَصِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ
Artinya : “ Dan Telah menceritakan kepada kami Yahya bin
Yahya At Tamimi dan Qutaibah bin Sa'id semuanya dari Hammad - Yahya berkata-
telah mengabarkan kepada kami Hammad bin Zaid dari Ghailan dari Abdullah bin
Ma'bad Az Zimani dari Abu Qatadah bahwa seorang laki-laki datang kepada Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam dan bertanya, "Bagaimanakah Anda berpuasa?"
Mendengar pertanyaan itu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam marah. Dan
ketika Umar menyaksikan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam marah, ia
berkata, "Kami rela Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad
sebagai Rasul. Kami berlindung kepada Allah, dari murka Allah dan Rasul-Nya."
Umar mengulang ucapan tersebut hingga kemarahan Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam reda. Kemudian ia bertanya,"Wahai Rasulullah, bagaimana dengan
orang yang berpuasa sepanjang tahun?" Beliau menjawab:"Dia tidak
berpuasa dan tidak juga berbuka." -atau beliau katakan dengan redaksi
'Selamanya ia tak dianggap berpuasa dan tidak pula dianggap berbuka-- Umar
bertanya lagi, "Bagaimana dengan orang yang berpuasa sehari dan berbuka
sehari?" beliau menjawab: "Itu adalah puasa Dawud 'Alaihis Salam."
Umar bertanya lagi, "Bagaimana dengan orang yang berpuasa sehari dan
berbuka dua hari?" beliau menjawab:"Aku senang, jika diberi kekuatan
untuk itu." kemudian Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Puasa
tiga hari setiap bulan, puasa dari Ramadlan ke Ramadlan sama dengan puasa
setahun penuh. Sedangkan puasa pada hari Arafah, aku memohon pula kepada
Allah, agar puasa itu bisa menghapus dosa setahun setahun penuh sebelumnya dan
setahun sesudahnya. Adapun puasa pada hari 'Asyura`, aku memohon kepada
Allah agar puasa tersebut bisa menghapus dosa setahun sebelumnya."(Shahih
Muslim : Bab Sunnahnya puasa 3 hari pada setiap bulan, puasa Arafah, ‘Asyura
dan Senen Kamis:1162)
Ada satu redaksi hadits Lagi dari imam Muslim :
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى
وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَاللَّفْظُ لِابْنِ الْمُثَنَّى قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ
بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ غَيْلَانَ بْنِ جَرِيرٍ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ
بْنَ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيَّ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ
عَنْهُ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِهِ قَالَ فَغَضِبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ فَقَالَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ رَضِينَا بِاللَّهِ رَبًّا وَبِالْإِسْلَامِ
دِينًا وَبِمُحَمَّدٍ رَسُولًا وَبِبَيْعَتِنَا بَيْعَةً قَالَ فَسُئِلَ عَنْ صِيَامِ
الدَّهْرِ فَقَالَ لَا صَامَ وَلَا أَفْطَرَ أَوْ مَا صَامَ وَمَا أَفْطَرَ قَالَ فَسُئِلَ
عَنْ صَوْمِ يَوْمَيْنِ وَإِفْطَارِ يَوْمٍ قَالَ وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ قَالَ وَسُئِلَ
عَنْ صَوْمِ يَوْمٍ وَإِفْطَارِ يَوْمَيْنِ قَالَ لَيْتَ أَنَّ اللَّهَ قَوَّانَا لِذَلِكَ
قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمٍ وَإِفْطَارِ يَوْمٍ قَالَ ذَاكَ صَوْمُ أَخِي دَاوُدَ
عَلَيْهِ السَّلَام قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ قَالَ ذَاكَ يَوْمٌ
وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَيَّ فِيهِ قَالَ فَقَالَ صَوْمُ
ثَلَاثَةٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ وَرَمَضَانَ إِلَى رَمَضَانَ صَوْمُ الدَّهْرِ قَالَ وَسُئِلَ
عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ
قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ
وَفِي هَذَا الْحَدِيثِ مِنْ رِوَايَةِ
شُعْبَةَ قَالَ وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَسَكَتْنَا
عَنْ ذِكْرِ الْخَمِيسِ لَمَّا نُرَاهُ وَهْمًا و حَدَّثَنَاه عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ
مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِي ح و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا
شَبَابَةُ ح و حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ أَخْبَرَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ
كُلُّهُمْ عَنْ شُعْبَةَ بِهَذَا الْإِسْنَادِ و حَدَّثَنِي أَحْمَدُ بْنُ سَعِيدٍ
الدَّارِمِيُّ حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ حَدَّثَنَا أَبَانُ الْعَطَّارُ حَدَّثَنَا
غَيْلَانُ بْنُ جَرِيرٍ فِي هَذَا الْإِسْنَادِ بِمِثْلِ حَدِيثِ شُعْبَةَ غَيْرَ أَنَّهُ
ذَكَرَ فِيهِ الِاثْنَيْنِ وَلَمْ يَذْكُرْ الْخَمِيسَ
Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Al
Mutsanna dan Muhammad bin Basysyar -lafazhnya dari Ibnul Mutsanna- keduanya
berkata, Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja'far telah menceritakan
kepada kami Syu'bah dari Ghailan bin Jarir bahwa mendengar Abdullah bin Ma'bad
Az Zimani dari Abu Qatadah Al Anshari radliallahu 'anhu, bahwa Rasulullah
shallallahu 'alaihi wasallam pernah ditanya mengenai puasanya, maka serta merta
Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam marah, lalu umar pun mengucapkan, "Kami
rela Allah sebagai Tuhan, Islam sebagai agama dan Muhammad sebagai Rasul. Kami
berlindung kepada Allah, dari murka Allah dan Rasul-Nya dan Bai'at kami sebagai
suatu Bai'at." kemudian beliau ditanya tentang puasa sepanjang masa, maka
beliau menjawab: "Sebenarnya, ia tidak berpuasa dan tidak pula berbuka."
Kemudian beliau ditanya lagi mengenai puasa sehari dan berbuka dua hari, beliau
menjawab: "Semoga Allah memberikan kekuatan pada kita untuk melakukannya."
Lalu beliau ditanya mengenai puasa pada hari senin, beliau menjawab: "Itu
adalah hari, ketika aku dilahirkan dan aku diutus (sebagai Rasul) atau pada
hari itulah wahyu diturunkan atasku." Kemudian beliau bersabda: “Puasa
tiga hari pada setiap bulan dan ramadan hingga ramadan berikutnya adalah puasa
dahr.” Kemudian beliau ditanya tentang puasa pada Arafah, maka beliau
menjawab: "Puasa itu akan menghapus dosa-dosa satu tahun yang lalu dan
yang akan datang." Kemudian beliau ditanya tentang puasa pada hari
'Asyura`, beliau menjawab: "Ia akan menghapus dosa-dosa sepanjang tahun
yang telah berlalu." Dan di dalam hadits ini, yakni dari riwayat Syu'bah,
ia berkata; "Dan beliau ditanya tentang puasa hari senin dan kamis."
Namun kami tidak menyebutkan puasa kamis, karena menurut kami padanya terdapat
Wahm (kekurang akuratan berita). Dan Telah meceritakannya kepada kami
Ubaidullah bin Mu'adz telah menceritakan kepada kami bapakku -dalam riwayat
lain- Dan Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah telah
menceritakan kepada kami Syababah -dalam riwayat lain- Dan Telah menceritakan
kepada kami Ishaq bin Ibrahim telah mengabarkan kepada kami An Nadlr bin Syumail
semuanya dari Syu'bah dengan isnad ini. Dan Telah menceritakan kepada kami
Ahmad bin Sa'id Ad Darimi telah menceritakan kepada kami Habban bin Hilal telah
menceritakan kepada kami Aban Al 'Aththar telah menceritakan kepada kami
Ghailan bin Jarir dalam isnad ini, sebagaimana haditsnya Syu'bah, hanya saja ia
menyebutkan hari Senin, namun tidak menyebutkan hari kamis.” ."(Shahih
Muslim : Bab Sunnahnya puasa 3 hari pada setiap bulan, puasa Arafah, ‘Asyura
dan Senen Kamis:1162)
II.
Diriwayatkan Juga Oleh Ibnu Majah :
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ عَبْدَةَ أَنْبَأَنَا
حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ حَدَّثَنَا غَيْلَانُ بْنُ جَرِيرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ
مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيِّ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ قَالَ
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ صِيَامُ يَوْمِ عَرَفَةَ إِنِّي أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ
السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ وَالَّتِي بَعْدَهُ
Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Abdah
berkata, telah memberitakan kepada kami Hammad bin Zaid berkata, telah
menceritakan kepada kami Ghailan bin Jarir dari Abdullah bin Ma'bad Az Zimani
dari Abu Qatadah ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Aku
berharap kepada Allah bahwa puasa pada hari 'Arafah dapat menghapus dosa satu
tahun sebelum dan sesudahnya. " (Sunan Ibnu Majah : Bab Puasa Hari
Arafah : 1730) hadits Sahih
حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ حَدَّثَنَا
يَحْيَى بْنُ حَمْزَةَ عَنْ إِسْحَقَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ
اللَّهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ عَنْ قَتَادَةَ بْنِ النُّعْمَانِ قَالَ
سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَ لَهُ سَنَةٌ أَمَامَهُ
وَسَنَةٌ بَعْدَهُ
Artinya : “Telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Ammar
berkata, telah menceritakan kepada kami Yahya bin Hamzah dari Ishaq bin
Abdullah dari 'Iyadl bin Abdullah dari Abu Sa'id Al Khudri dari Qatadah bin An
Nu'man ia berkata; aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
bersabda: "Barangsiapa mengerjakan puasa 'Arafah, maka akan diampuni
dosanya bsetahun yang akan datang dan setahun yang telah lalu. "( Sunan
Ibnu Majah : Bab Puasa Hari Arafah : 1730) Hadis Shahih diriwayatkan juga Oleh
at Tabarani di dalam Al kabir.
Hadits yang semisal juga dirwayatkan oleh At turmudzi dalam
Al Jami’us Shahih dalam Bab tentang keutamaan Puasa Arafah.
Hadis- hadits di atas menjelaskan tentang keutamaan dan
sunnahnya berpuasa pada hari Arafah yaitu tanggal 9 Dzulhijjah bagi yang sedang
tidak berhajji. Adapun bagi yang sedang berhajji ada larangang untuk berpuasa.
Ahmad Zakaria salah satu ulama dari Persis dalam kitabnya al hidayah Fi
masailil Fiqhiyyah menjelaskan bahwa puasa Arafah hanya satu hari yaitu tanggal
9 Dzulhijjah. Adapun tanggal 8 dzulhijjah apakah disunahkan juga untuk berpuasa
sebagaimana yang menjadi keyakinan sebagaian masyarakat? Sampai saat ini Kami belum
menemukan dalilnya. oleh : محمد مؤلف
Alhamdulillah keterangan di bawah ini insya Allah menjawab pertanyaan di atas.
Di dalam kitab Riyadus Solihin karya Imam An Nawawi, beliau mencantumkan hadis tersebut
dalam bab keutamaan puasa dan ibadah lain pada 10 awal bulan dzulhijjah.
- باب فضل الصوم وغيره في العشر الأول((3)) من ذي الحجة((4))
1)- وعن ابن عباس رضي
الله عنهما ، قَالَ : قَالَ رسول الله - صلى الله عليه وسلم - : (( مَا مِنْ
أيَّامٍ ، العَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أحَبُّ إِلَى اللهِ مِنْ هذِهِ الأَيَّام ))
يعني أيام العشر . قالوا : يَا رسولَ اللهِ ، وَلاَ الجِهَادُ في سَبيلِ اللهِ ؟
قَالَ : (( وَلاَ الجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللهِ ، إِلاَّ رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ
وَمَالِهِ ، فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيءٍ )) رواه البخاري . (1) - أخرجه :
البخاري /24(969)
Dari Ibnu Abbas Radiallohuanhuma, beliau
berkata : Rasulullah SAW bersabda: "Tiadalah hari-hari, di mana amal
solih di dalamnya lebih dicintai Allah dari hari ini." Yaitu sepuluh hari.
Mereka berkata : ya Rasulallah, Tidak pula jihad fisabilillah? Beliau bersabda:
"Tidak pula jihad fisabilillah kecuali seorang laki-laki yang keluar
dengan jiwa dan hartanya, dan ia tidak kembali dengan sesuatu pun darinya.”
(HR Bukhari) Dikeluarkan oleh Al Bukhari .
Hadis ini menjadi dalil tetang keutamaan puasa dan
ibadah lain pada sepuluh awal bulan dzulhijjah.
Al Kasmiri menjelaskan :
واعلم أن العبادة في تلك
العشرة أفضلُ منها في سائر السَّنَة، حتى قيل: إن أفضلَ النُّهُرِ نُهُر عشرةٍ ذي
الحِجَّة، وأفضلَ الليالي ليالي رمضانَ، ثُمَّ عَمَلُ السَّلَف في تلك العشرة
ماذاكان؟ فلم يظهَر لي غيرُ الصيام والتكبير فالعبادةُ الخاصَّة
في هذه الأيام هي هاتان فقط. )فيض الباري شرح البخاري (3/ 173)
“ ketahuilah bahwa ibadah pada hari sepuluh ini
lebih utama dari ibadah lainnya pada sisa hari-hari lain selama setahun. Sehingga
dikatakan : Seutama-utama siang adalah siang hari 10 Dzulhijjah dan
seutama-utama malam adalah malam Ramadhan. Lalu amaliyah apakah yang dilakukan
generasi Salaf ? Tidak Nampak bagi saya selain berpuasa dan ibadah, ibadah
khusus pada hari-hari ini yaitu dua amalan itu saja.”(Faidul bari syarah Sahih
Bkhari).
Kemudian setelah saya teliti di dalam kitab Sahih
Bukhari yang diketemukan adalah hadis dalam Kitab dua Hari Raya bab keutamaan
beramal pada hari-hari Tsyriq.
باب فضل العمل في أيام التشريق
وقال ابن
عباس )وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ)
:
أيام العشر . والأيام المعدودات : أيام التشريق
.وكان ابن عمر وأبو هريرة يخرجان إلى السوق في
أيام العشر ، ويكبران ويكبر الناس بتكبيرهما .وكبر محمد بن علي خلف النافلة
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَرْعَرَةَ قَالَ حَدَّثَنَا
شُعْبَةُ عَنْ سُلَيْمَانَ عَنْ مُسْلِمٍ الْبَطِينِ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ
ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ مَا الْعَمَلُ فِي أَيَّامٍ أَفْضَلَ
مِنْهَا فِي هَذِهِ قَالُوا وَلَا الْجِهَادُ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ
إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ يُخَاطِرُ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ بِشَيْءٍ
Ibnu Abbas berkata : (dan supaya mereka menyebut nama Allah pada
hari-hari yang ditentukan) ( Surat Al Hajj : ayat 28) hari-hari sepuluh dan
hari-hari yang ditentukan adalah hari-hari Tasyriq.
Ibnu Umar dan Abu Hurairah RA keluar menuju pasar pada hari-hari
sepuluh (Dzulhijjah), keduanya bertakbir, dan manusia bertakbir bersama takbir
keduanya. Dan Muhammad bin Ali bertakbirdi belakang an nafilah.
***(kalau di dalam cetakan Darul Fikr tahun 1426/1427 H
atau 2006 M, maka kalimat di atas di cantumkan dalam Sahih Bukhari namun dalam
ensiklopedi hadis kitab 9 Imam kalimat di atas tidak di cantumkan)
Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin 'Ar'arah berkata, telah
menceritakan kepada kami Syu'bah dari Sulaiman dari Muslim Al Bathin dari Sa'id
bin Jubair dari Ibnu 'Abbas dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau
bersabda: "Tidak ada amal yang lebih utama pada hari-hari (tasyriq) ini selain dari (berkurban)."
Para sahabat berkata, "Tidak juga jihad?" Beliau menjawab: "Tidak
juga jihad. Kecuali seseorang yang keluar dari rumahnya dengan mengorbankan
diri dan hartanya (di jalan Allah), lalu dia tidak kembali lagi."(HR Bukhari
, no. 969/916 )
***( Begitu pula redaksi yang terdapat di dalam
Ensiklopedi berbeda dengan yang tercantum di dalam cetakan darul Fikr : kalau
di ensiklopedi dan beberapa software tercantum kata “فِي هَذِهِ” namun pada cetakan darul Fikr
tercantum lafadz “ في هذا العشر “
Perbedaan itu muncul karena adanya beberapa naskah dan redaksi
sebagaimana dijelaskan oleh DR. Mustofa Dibul Bagha dalam tahqiq dan komentar
terhadap Sahih Bukhari :
[ ش ( أيام العشر ) العشر الأولى من ذي الحجة
وفي نسخة ( أيام ) والمراد بها أيام السنة مطلقا . ( في هذه ) أي أيام التشريق
وفي نسخة ( في هذا العشر ) والمراد العشر الأول من ذي الحجة . ( يخاطر ) يكافح
العدو من المخاطرة وهي فعل ما فيه خطر ]
Dan memang kalau kita teliti, dan membaca penjelasan para ulama, hadis ini meiliki banyak jalur dan redaksi.
Al Hafidz Ibnu Hajar menjelaskan dalam Fatul Barinya :
وسنذكر ما في رواياتهم من الفوائد والزوائد إن شاء الله
تعالى
قوله ما العمل في أيام أفضل منها في هذه كذا لأكثر الرواة
بالإبهام ووقع في رواية كريمة عن الكشميهني ما العمل في أيام العشر أفضل من العمل في
هذه وهذا يقتضى نفى أفضلية العمل في أيام العشر على العمل في هذه الأيام إن فسرت بأنها
أيام التشريق وعلى ذلك جرى بعض شراح البخاري وحمله على ذلك ترجمة البخاري المذكورة
فزعم أن البخاري فسر الأيام المبهمة في هذا الحديث بأنها أيام التشريق وفسر العمل بالتكبير
لكونه أورد الآثار المذكورة المتعلقة بالتكبير فقط
وقال بن أبي
جمرة الحديث دال على أن العمل في أيام التشريق أفضل من العمل في غيره قال ولا يعكر
على ذلك كونها أيام عيد كما تقدم من حديث عائشة ولا ما صح من قوله عليه الصلاة و السلام
أنها أيام أكل وشرب كما رواه مسلم لأن ذلك لا يمنع العمل فيها بل قد شرع فيها أعلى
العبادات وهو ذكر الله تعالى ولم يمنع فيها منها إلا الصيام قال وسر كون العبادة فيها
أفضل من غيرها أن العبادة في أوقات الغفلة فاضلة على غيرها وأيام التشريق أيام غفلة
في الغالب فصار للعابد فيها مزيد فضل على العابد في غيرها كمن قام في جوف الليل وأكثر
الناس نيام وفي أفضلية أيام التشريق نكتة أخرى وهي أنها وقعت فيها محنة الخليل بولده
ثم من عليه بالفداء فثبت لها الفضل بذلك أه
وهو توجيه حسن إلا أن المنقول يعارضه والسياق الذي وقع
في رواية كريمة شاذ مخالف لما رواه أبو ذر وهو من الحفاظ عن الكشميهني شيخ كريمة بلفظ
ما العمل في أيام أفضل منها في هذا العشر وكذا أخرجه أحمد وغيره عن غندر عن شعبة بالإسناد
المذكور ورواه أبو داود الطيالسي في مسنده عن شعبة فقال في أيام أفضل منه في عشر ذي
الحجة
وكذا رواه الدارمي عن سعيد بن الربيع عن شعبة ووقع في
رواية وكيع المقدم ذكرها ما من أيام العمل الصالح فيها أحب إلى الله من هذه الأيام
يعني أيام العشر
وكذا رواه بن ماجة من طريق أبي معاوية عن الأعمش ورواه الترمذي من رواية
أبي معاوية فقال من هذه الأيام العشر بدون يعني
وقد ظن بعض الناس أن قوله يعني أيام العشر تفسير من
بعض رواته لكن ما ذكرناه من رواية الطيالسي وغيره ظاهر في أنه من نفس الخبر
وكذا وقع في رواية القاسم بن أبي أيوب بلفظ ما من عمل
أزكى عند الله ولا أعظم أجرا من خير يعمله في عشر الأضحى
وفي حديث جابر في صحيحى أبي عوانة وبن حبان ما من أيام
أفضل عند الله من أيام عشر ذي الحجة فظهر أن المراد بالأيام في حديث الباب أيام عشر
ذي الحجة لكنه مشكل على ترجمة البخاري بأيام التشريق
ويجاب بأجوبة
أحدها أن الشيء يشرف بمجاورته للشئ الشريف وأيام التشريق
تقع تلو أيام العشر وقد ثبتت الفضيلة لأيام العشر بهذا الحديث فثبتت بذلك الفضيلة لأيام
التشريق
ثانيها أن عشر ذي الحجة إنما شرف لوقوع أعمال الحج فيه
وبقيه أعمال الحج تقع في أيام التشريق كالرمى والطواف وغير ذلك من تتماته فصارت مشتركة
معها في أصل الفضل ولذلك اشتركت معها في مشروعية التكبير في كل منها وبهذا تظهر مناسبة
إيراد الآثار المذكورة في صدر الترجمة لحديث بن عباس كما تقدمت الإشارة إليها
ثالثها أن بعض أيام التشريق هو بعض أيام العشر وهو يوم
العيد وكما أنه خاتمة أيام العشر فهو مفتتح أيام التشريق فمهما ثبت لأيام العشر من
الفضل شاركتها فيه أيام التشريق لأن يوم العيد بعض كل منها بل هو رأس كل منها وشريفه
وعظيمه وهو يوم الحج الأكبر كما سيأتي في كتاب
الحج إن شاء الله تعالى (فتح الباري - ابن حجر (2/ 460)
Al kasmiri menjelaskan dalam Faidul Bari syarah sahih Bukhari :
969 - قوله: (ما الْعَمَلَ فِي أَيَّامٍ أَفْضَلَ
مِنْهَا في هذه) وفي نسخة: «ما العَمَلُ فِي أَيَّامِ العَشْرِ أَفْضَلَ من العملِ
في هذه». وهذا يقتضي نَفْيَ أَفضليةِ العمل في أيامِ العَشْر على العمل في هذه الأيام.
قلتُ: وهو تَصْحِيْفٌ عِنْدي. والصواب كما في الصُّلب، لأن هذا الحديث كثيرُ الطُّرُق،
وفي سائرها ذُكر فَضْلُ العمل في الأيام العَشْر، وقد أطال الحافظ رحمه الله تعالى
الكلام فيه.
Demikian ulasan yang singkat ini, karena banyaknya kawan-kawan yang
menanyakan persoalan hadis ini, mudah-mudahan bermanfaat.. Wallohu a’lam. Ciputat,
12/10/2013, by Muhammad mualip
Alhamdulillah dalam kesempatan ini saya akan menampilkan juga
hadis-hadis yang lain yang secara dzahir saling bertentangan dan bagaimana para
ulama menghadapinya :
Imam Muslim meriwayatkan dalam Kitab I’tikaf Bab Puasa 10 hari
dibulan Dzulhijjah.
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَأَبُو
كُرَيْبٍ وَإِسْحَقُ قَالَ إِسْحَقُ أَخْبَرَنَا وَقَالَ الْآخَرَانِ حَدَّثَنَا أَبُو
مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ
اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ مَا رَأَيْتُ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَائِمًا فِي الْعَشْرِ قَطُّ
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah dan Abu
Kuraib dan Ishaq -Ishaq berkata- telah mengabarkan kepada kami -sementara dua
orang yang lain berkata- Telah menceritakan kepada kami Abu Mu'awiyah dari Al
A'masy dari Ibrahim dari Al Aswad, dari 'Aisyah, ia berkata; "Aku sama
sekali belum pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berpuasa
pada sepuluh hari (di awal Dzulhijjah)."(HR Muslim) no. 2010
و حَدَّثَنِي أَبُو بَكْرِ بْنُ نَافِعٍ الْعَبْدِيُّ
حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ
عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ لَمْ يَصُمْ الْعَشْرَ
Dan telah menceritakan kepadaku Abu Bakr bin Nafi' Al Abdi telah menceritakan
kepada kami Abdurrahman telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Al A'masy
dari Ibrahim dari Al Aswad dari Aisyah radliallahu 'anha, bahwa Nabi
shallallahu 'alaihi wasallam Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tidak
pernah berpuasa pada sepuluh hari pertama dari bulan Dzul Hijjah.(HR
Muslim) n0. 2011
Kemudian Imam Abu Daud meriwayatkan dalam Kitab Puasa bab Puasa 10
hari (Dzulhijjah)
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ
الْحُرِّ بْنِ الصَّبَّاحِ عَنْ هُنَيْدَةَ بْنِ خَالِدٍ عَنْ امْرَأَتِهِ عَنْ بَعْضِ
أَزْوَاجِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَتْ كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ تِسْعَ ذِي الْحِجَّةِ وَيَوْمَ
عَاشُورَاءَ وَثَلَاثَةَ أَيَّامٍ مِنْ كُلِّ شَهْرٍ أَوَّلَ اثْنَيْنِ مِنْ الشَّهْرِ
وَالْخَمِيسَ
Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada
kami Abu 'Awanah dari Al Hurr bin Ash Shabbah, dari Hunaidah bin Khalid dari
Seorang wanita dari sebagian isteri Nabi shallallahu 'alaihi wasallam ia
berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam berpuasa pada tanggal
sembilan Bulan Dzul Hijjah, serta pada Hari 'Asyura` serta tiga hari dari
setiap bulan, dan hari Senin serta Kamis pada setiap bulan.(HR Abu Daud)
حَدَّثَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا
وَكِيعٌ حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ أَبِي صَالِحٍ وَمُجَاهِدٍ وَمُسْلِمٍ الْبَطِينِ
عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ
مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنِي أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا
الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا
رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ
Telah menceritakan kepada kami Utsman bin Abu Syaibah, telah
menceritakan kepada kami Waki', telah menceritakan kepada kami Al A'masy dari
Abu Shalih, dan Mujahid, serta Muslim Al Bathin dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu
Abbas, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidak
ada hari, amal shalih padanya yang lebih Allah cintai daripada sepuluh hari
(Dzul Hijjah)." Mereka berkata; wahai Rasulullah, tidak pula berjihad di
jalan Allah? Beliau berkata: "Tidak pula berjihad di jalan Allah, kecuali
seorang laki-laki yang keluar dengan jiwa dan hartanya kemudian tidak kembali
membawa sesuatupun."(HR Abu Daud) juga Bukhari
Kemudian Imam Abu daud juga meriwayatkan hadis yang Nampak
bertentangan dalam bab Berbuka di 10 hari (bulan Dzulhijjah)
حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ
الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ مَا رَأَيْتُ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَائِمًا الْعَشْرَ قَطُّ
Telah menceritakan kepada kami Musaddad, telah menceritakan kepada
kami Abu 'Awanah, dari Al A'masy dari Ibrahim, dari Al Aswad dari Aisyah, ia
berkata; aku tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
berpuasa sepuluh hari sama sekali.(HR Abu daud) juga Muslim
Imam At Turmudzi meriwayatkan dalam Kitab As Soum bab Hadis Puasa
10 dzulhijjah.
حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ
الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَائِمًا فِي الْعَشْرِ قَطُّ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَكَذَا رَوَى غَيْرُ وَاحِدٍ عَنْ
الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ الْأَسْوَدِ عَنْ عَائِشَةَ وَرَوَى الثَّوْرِيُّ
وَغَيْرُهُ هَذَا الْحَدِيثَ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمْ يُرَ صَائِمًا فِي الْعَشْرِ وَرَوَى أَبُو الْأَحْوَصِ
عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَائِشَةَ وَلَمْ يَذْكُرْ فِيهِ عَنْ الْأَسْوَدِ
وَقَدْ اخْتَلَفُوا عَلَى مَنْصُورٍ فِي هَذَا الْحَدِيثِ وَرِوَايَةُ الْأَعْمَشِ
أَصَحُّ وَأَوْصَلُ إِسْنَادًا قَالَ و سَمِعْت مُحَمَّدَ بْنَ أَبَانَ يَقُولُ سَمِعْتُ
وَكِيعًا يَقُولُ الْأَعْمَشُ أَحْفَظُ لِإِسْنَادِ إِبْرَاهِيمَ مِنْ مَنْصُورٍ
Telah menceritakan kepada kami Hannad telah menceritakan kepada
kami Abu Mu'awiyah dari Al A'masy dari Ibrahim dari Al Aswad dari 'Aisyah dia
berkata, saya tidak pernah melihat Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam
berpuasa pada sepuluh hari pertama bulan Dzul Hijjah.
Abu 'Isa berkata, demikian hadits ini diriwayatkan oleh banyak
orang dari Al A'masy dari Ibrahim dari Al Aswad dari 'Aisyah, sedangkan Ats
Tsauri dan yang lainnya meriwayatkan hadits ini dari Manshur dari Ibrahim bahwa
Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam tidak pernah terlihat puasa pada sepuluh
hari pertama bulan Dzul Hijjah. Dan Abu Al Ahwash meriwayatkan dari Manshur
dari Ibrahim dari 'Aisyah namun di dalamnya tidak disebutkan dari Al Aswad.
Ahlul hadits berselisih pendapat mengenai Manshur dalam meriwayatkan hadits
ini, sedangkan riwayatnya Al A'masy lebih shahih dan sanadnya lebih tersambung.
(perawi) berkata, saya mendengar Muhammad bin Aban bekata, saya mendengar Waki'
berkata, Al A'masy lebih hafal sanad Ibrshim dari Manshur. (HR Turmudzi) &
Ibnu Majah dan An Nasai
Kemudian Imam Turmudzi dalam bab berikutnya yaitu amaliyah pada 10
hari dzulhijjah.
حَدَّثَنَا هَنَّادٌ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ
الْأَعْمَشِ عَنْ مُسْلِمٍ هُوَ الْبَطِينُ وَهُوَ ابْنُ أَبِي عِمْرَانَ عَنْ سَعِيدِ
بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهِنَّ أَحَبُّ إِلَى
اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ الْعَشْرِ فَقَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا الْجِهَادُ
فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَلَا
الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ
يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ
وَفِي الْبَاب عَنْ ابْنِ عُمَرَ وَأَبِي هُرَيْرَةَ
وَعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو وَجَابِرٍ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ ابْنِ عَبَّاسٍ
حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ
Telah menceritakan kepada kami Hannad telah menceritakan kepada
kami Abu Mu'wiyah dari Al A'masy dari Muslim dia adalah Al Bathin yaitu Ibnu
Abu Imran dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Abbas berkata, Rasulullah
Shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda: " Tidak ada hari-hari untuk
berbuat amal shalih yang lebih Allah cintai kecuali sepuluh hari pertama bulan
Dzul Hijjah, " para shahabat bertanya, wahai Rasulullah, sekalipun Jihad
fi sabilillah?, Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa salam menjawab: "Sekalipun
jihad fi sabilillah, kecuali seorang lelaki yang pergi berjihad dengan harta
dan jiwanya lalu tidak kembali sedikitpun dari keduanya." Dalam bab ini
(ada juga riwayat -pent) dari Ibnu Umar, Abu Hurairah, Abdullah bin Amru dan
Jabir. Hadits Ibnu Abbas merupakan hadits hasan shahih gharib.(HR Turmudzi)
& Bukhari, Abu daud, Ibnu majah dan Ad darimi
حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ نَافِعٍ الْبَصْرِيُّ
حَدَّثَنَا مَسْعُودُ بْنُ وَاصِلٍ عَنْ نَهَّاسِ بْنِ قَهْمٍ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ
سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ قَالَ مَا مِنْ أَيَّامٍ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ أَنْ يُتَعَبَّدَ لَهُ فِيهَا
مِنْ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ يَعْدِلُ صِيَامُ كُلِّ يَوْمٍ مِنْهَا بِصِيَامِ سَنَةٍ
وَقِيَامُ كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْهَا بِقِيَامِ لَيْلَةِ الْقَدْرِ
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ غَرِيبٌ لَا نَعْرِفُهُ
إِلَّا مِنْ حَدِيثِ مَسْعُودِ بْنِ وَاصِلٍ عَنْ النَّهَّاسِ قَالَ وَسَأَلْتُ مُحَمَّدًا
عَنْ هَذَا الْحَدِيثِ فَلَمْ يَعْرِفْهُ مِنْ غَيْرِ هَذَا الْوَجْهِ مِثْلَ هَذَا
و قَالَ قَدْ رُوِيَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيَّبِ عَنْ النَّبِيِّ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُرْسَلًا شَيْءٌ مِنْ هَذَا وَقَدْ تَكَلَّمَ يَحْيَى
بْنُ سَعِيدٍ فِي نَهَّاسِ بْنِ قَهْمٍ مِنْ قِبَلِ حِفْظِهِ
Telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Nafi' Al Bashri telah
menceritakan kepada kami Mas'ud bin Washil dari Nahhas bin Qahm dari Qatadah
dari Sa'id bin Al Musayyib dari Abu Hurairah dari Nabi Shallallaahu 'alaihi
wasallam beliau bersabda: " Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai
untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzul Hijjah, satu hari
berpuasa didalamnya setara dengan setahun berpuasa dan satu malam mendirikan
shalat malam setara dengan shalat pada malam lailatul qadar.
" Abu 'Isa berkata, ini adalah hadits gharib yang tidak kami
ketahui kecuali dari hadits Mas'ud bin Washil dari Nahhas. Dia berkata, saya
bertanya kepada Muhammad tentang hadits ini, namun dia tidak mengetahuinya
selain dari jalur ini, dia juga berkata, Qotadah telah meriwayatkan hadits ini
dari Sa'id bin Al Musayyib dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wasallam secara
mursal dan Yahya bin Sa'id telah mencela Nahhas bin Qahm dari segi hapalannya.(HR
Turmudzi) & Ibnu Majah,
Untuk penjelasan hadis di atas Imam An Nawawi mengatakan :
( باب صوم عشر ذى الحجة [ 1176 ] فيه قول عائشة ( ما رأيت رسول الله صلى
الله عليه و سلم صائما في العشر قط ) وفي رواية لم يصم العشر قال العلماء هذا الحديث
مما يوهم كراهة صوم العشر والمراد بالعشر هنا الأيام التسعة من أول ذى الحجة قالوا
وهذا مما يتأول فليس في صوم هذه التسعة كراهة بل هي مستحبة استحبابا شديدا لاسيما التاسع
منها وهو يوم عرفة وقد سبقت الأحاديث في فضله
Bab Puasa 10 awal Dzulhijjah : di dalam
hadis (riwayat Muslim) ada pekataan
“Aisyah (aku tidak pernah melihat Rasulallah SAW berpuasa pada 10 awal
Dzulhjjah sama sekali) dalam satu riwayat “beliau tidak berpuasa pada 10 awal
Dzulhijjah”. Para ulama berkata : Hadis ini yang di duga sebagai dalil
makruhnya berpuasa 10 awal DZulhijjah. Yang dimaksud dengan 10 disisni adalah
Sembilan hari dari awal Dzulhijjah. Mereka berkata : pendapat ini merupakan
hasil penakwilan, padahal tidak ada hukum makruh bagi berpuasa 9 hari ini
bahkan hal ini dianjurkan dengan anjuran yang sangat kuat, apalagi pada hari
kesembilannya, yaitu hari Arafah, dan sudah disebutkan hadis-hadis tentang
keutamaanya.”
وثبت في صحيح البخارى أن رسول الله صلى الله عليه و
سلم قال ما من أيام العمل الصالح فيها أفضل منه في هذه يعنى العشر الأوائل من ذى الحجة
فيتأول قولها لم يصم العشر أنه لم يصمه ) لعارض مرض أو سفر أو
غيرهما أو أنها لم تره صائما فيه ولا يلزم من ذلك عدم صيامه في نفس الأمر ويدل على
هذا التأويل حديث هنيدة بن خالد عن امرأته عن بعض أزواج النبى صلى الله عليه و سلم
قالت كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يصوم تسع ذى الحجة ويوم عاشوراء وثلاثة
أيام من كل شهر الاثنين من الشهر والخميس ورواه أبو داود وهذا لفظه وأحمد والنسائى
وفي روايتهما وخميسين والله أعلم .) شرح النووي على مسلم (8/
71)
“Dicantumkan di dalam Sahih
Al Bukhari bahwa Rasulullah SAW bersabda : tidak ada hari yang amal salih di
dalamnya lebih utama dari pada amal itu, yaitu pada hari 10 awal Dzulhijjah,
maka perkataan Aisyah : (Rasulullah SAW tidak berpuasa pada 10 awal, bahwa
beliau tidak berpuasa pada hari itu.) ditakwilkan dengan pengertian karena
adanya halangan, sakit, perjalanan atau yang lainnya. Atau Aisyah pada waktu
itu tidak melihat beliau berpuasa. Dan oleh karenanya tidak wajib meniadakan
berpuasa dalam kondisi adanya perintah. Dan memberi petunjuk akan takwil ini
adalah hadis Hunaidah Bin Khalid dari istrinya dari sebagian istri Rasulullah
SAW : beliau berkata : Rasulullah SAW berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah, Hari
Asyura (10 Muharram), 3 hari dari setiap bulan, hari Senin, Kamis. Diriwayatkan
oleh Abu Daud dan ini Lafadznya, Ahmad dan An Nasai, dan di dalam riwayat
keduanya ada khumisain. Walohu a’lam.
Penjelasan Imam An Nawawi
Juga dikutip oleh Al Adzim Abadi dalam Aunul Ma’bud dan Juga Dikutip oleh Al
Mubarakfuri dalam Tuhfatul Ahwadzi. Kemudian Imam Ibnu Hajar Al Asqalani menjelaskan
hadis bukhari sebagaimana dikutip oleh al Mubarokfuri.
وَقَالَ الْحَافِظُ
فِي الْفَتْحِ فِي شَرْحِ حَدِيثِ الْبُخَارِيِّ الَّذِي ذَكَرَهُ النَّوَوِيُّ مَا
لَفْظُهُ : وَاسْتُدِلَّ بِهِ عَلَى فَضْلِ صِيَامِ عَشْرِ ذِي الْحِجَّةِ ؛ لِانْدِرَاجِ
الصَّوْمِ فِي الْعَمَلِ ، قَالَ : وَلَا يَرِدُ عَلَى ذَلِكَ مَا رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ
وَغَيْرُهُ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ : مَا رَأَيْت رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ صَائِمًا الْعَشْرَ قَطُّ ؛ لِاحْتِمَالِ أَنْ يَكُونَ ذَلِكَ لِكَوْنِهِ
كَانَ يَتْرُكُ الْعَمَلَ وَهُوَ يُحِبُّ أَنْ يَعْمَلَهُ خَشْيَةَ أَنْ يُفْرَضَ عَلَى
أُمَّتِهِ . كَمَا رَوَاهُ الصَّحِيحَانِ مِنْ حَدِيثِ عَائِشَةَ أَيْضًا اِنْتَهَى
.
“ Al Hafidz berkata di dalam
Al fath (Fatul bari) dalam mensyarah hadis Bukhari yang disebutkan oleh An
nawawi lafadznya : hadis ini dijadikan dalil atas keutamaan puasa 10 awal
Dzulhijjah, karena termasuknya puasa di dalam amal. Beliau berkata : dan tidak
datang akan hal itu apa yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan yang lain dari
Aisyah, beliau bekata : “ aku tidak melihat Rasulullah SAW berpuasa 10 hari
sama sekali, kemungkinan hal itu karena Rasulullah SAW meningalkan amal padahal
beliau suka akan pengamalannya, khawatir menjadi wajib atas ummat beliau.
Sebagaimana yang diriwayatkan oleh Bukhari Muslim dari Aisyah Juga. Selesai.
Ciputat, 19/10/2013, Muhammad muallip
Dengan adanya hadis di atas dan hadis-hadis yang lain tetang keutamaan 10 hari awal Dzulhijjah, ini menunjkan bahwa cukup banyak sandaran, sehingga ketika seseorang seperti misalnya KH. Aceng Zakaria dari persis belum menemukan bukan berarti tidak ada dalilnya.
Cukup banyak sebenarnya para ulama yang menjelaskan keutamaan puasa tarwiyah atau tanggal 8 Dzulhijjah, karena memang adanya hadis sahih riwayat Imam Bukhari dan lain-lainya tentang keuamaan sepuluh hari awal Dzulhijjah. Kalaupun ada hadis yang dianggap maudhu" yang berkenaan dengan keutamaan Puasa Tarwiyah bukan berarti Puasa Tarwiyah itu tidak boleh dilakukan dan di angga bid'ah munkarat. itu kesimpulan yang terlalu tergesa-gesa dan gegabah dan menurut saya tidak sepatutnya untuk dianggap fatwa. karena masih banyak landasan hadis-hadis yang lain yang sahih.
demikian teman-teman tambahan dari saya., ciputat, 15/10/2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar